Ajak Masyarakat Peduli Gizi dan Cegah Stunting dengan Masak Serba

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 08 Jun 2022 16:10 WIB

Ajak Masyarakat Peduli Gizi dan Cegah Stunting dengan Masak Serba

i

Bupati saat menyerahkan piala penghargaan kepada pemenang lomba masak ikan. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Lamongan terus berupaya mencegah terjadinya stunting, salah satunya mengedukasi masyarakat agar selalu makan makanan gizi, seperti saat Pemkab Lamongan menggelar lomba masak serba ikan dalam rangka Hari Jadi Lamongan (HJL) yang di gelar di halaman Pendopo setempat, Rabu (8/6/2022).

Lomba memasak dengan menu serba ikan ini, seperti disampaikan oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, dalam rangka untuk menggairahkan masyarakat agar gemar, senang, dan cinta makan ikan. “Ini untuk menggalakkan, menggairahkan, serta mensosialisasikan pada masyarakat untuk senang dan cinta makan ikan, dengan olahan-olahan yang tidak membosankan dan menarik. Sehingga kecukupan gizi untuk menghadapi dan menurunkan angka stunting ini tersedia,” ungkapnya.

Baca Juga: Bocah di Lamongan Tewas Tenggelam di Telaga

Ditambahkan oleh pria yang biasa dipanggil Pak Yes ini, dengan dilaksanakannya lomba masak serba ikan ini diharapkan mampu memberikan nilai tambah serta memunculkan produk ikan baru di Lamongan, yang mana Lamongan ini merupakan pemasok ikan di Jawa Timur. “Supaya mempunyai nilai tambah, ikan diolah agar nilainya lebih banyak lagi. Perlu ada inisiatif dan kreatifitas untuk mengolah ikan ini sebagai hasil olahan yang bisa diserap pasar dengan sebaik-baiknya,” tambah Pak Yes.

Pada kesempatan tersebut, dilaporkan Kepala Dinas Perikanan Lamongan Yuli Wahyuono bahwa tema lomba adalah ‘Ragam Kreasi Masakan Olahan Ikan Potensi Daerah untuk Menurunkan Angka Stunting’. Lomba ini diikuti oleh 82 peserta berasal dari Dharmawanita Persatuan OPD dan TP PKK Kecamatan Lamongan.

Baca Juga: Kupatan Tanjung Kodok, Lestarikan Tradisi dan Promosi Wisata Lamongan

“Lomba ini dimaksudkan untuk menciptakan kreasi menu yang berbasis ikan dan mensosialisasikan gemar makan ikan untuk masyarakat Lamongan. Juga untuk menumbuhkembangkan ekonomi kreatif rumah tangga dan kelompok lain, dengan tujuan utama untuk salah satu penuntasan program stunting di Kabupaten Lamongan,” terang Yuli Wahyuono.

 

Baca Juga: Hari Pertama Masuk, Layanan Publik Lamongan Mulai Beroperasi

Adapun menu kreasi untuk balita yang berhasil menjadi pemenang yakni La’Dori Cake hasil masakan dari Dinas PPPA dan Disperindag Lamongan. La’Dori Cake merupakan pancake yang di dalamnya ditambahkan ikan patin. Bahan baku olahan ikan patin ini juga dianggap sangat kids friendly, sehingga aman dikonsumsi untuk camilan. Cara membuatnya pun terbilang cukup mudah, resep pancake pada umumnya ditambah dengan ikan patin yang sudah dihaluskan, dan sebelumnya telah direbus bersama kayu manis, cengkeh, juga jahe.

Selain itu dalam resep menu olahan untuk keluarga, resep olahan Bandeng Bejhek dari Perumda Aneka Usaha Lamongan Jaya dan Kecamatan Karangbinangun berhasil memperoleh juara pertama. Tidak hanya itu, Soto Lamongan yang identik dengan daging ayam pun oleh Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan bersama Bagian Tata Pemerintahan berhasil dikreasikan menjadi soto bandeng berkoya lele, yang mana menu resep ini berhasil menjadi juara 2 masakan untuk keluarga. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU