Akbar Himawan Buchari Terpilih sebagai Ketum HIPMI Periode 2022-2025

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 24 Nov 2022 14:32 WIB

Akbar Himawan Buchari Terpilih sebagai Ketum HIPMI Periode 2022-2025

i

Akbar Himawan Buchari. Foto: Instagram.

SURABAYAPAGI.COM, Solo - Akbar Himawan Buchari atau Akbar Buchari resmi terpilih sebagai Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) untuk masa periode jabatan 2022-2025 dalam Musyawarah Nasional (Munas) XVII di Solo, Jawa Tengah, Rabu (23/11/2022) malam.

Pemungutan suara terjadi dalam dua putaran. Pada putaran pertama, Bagas lebih unggul dengan skor 71, Akbar 57 dan Anggawira dengan skor 41. Namun saat putaran kedua perolehan suara berbalik dengan kemenangan Akbar mendapat suara terbanyak sebanyak 92, sedangkan Bagas 68 suara.

Baca Juga: Bupati Ponorogo Ajak Pengusaha dan Generasi Muda Bangun Ekonomi Wisata

"Pelaksanaan pemilihan suara berjalan tuntas. Hasil pemilihan umum Munas HIPMI menetapkan saudara Akbar Himawan Buchari, Ketua Umum terpilih BPP Hipmi masa bakti 2022-2025," kata Sekretaris Sidang Pemilihan Ketum BPP Hipmi, Robert Muda Hartawan.

Dalam pidatonya, Akbar Buchari, mengatakan pelaksanaan Munas XVII sudah diselesaikan dengan baik. Menurut dia, dalam proses regenerasi, tidak ada yang menang dan kalah. Lebih dari itu, ia menilai dalam regenerasi ada pembelajaran sebagai pemimpin nasional.

“Saya mewakafkan kepada HIPMI tentu perlu dukungan seluruh kader HIPMI seluruh indonesia, saya mohon kerja samanya,” ujar Akbar.

Akbar mengaku mewakafkan diri dan mengabdikan diri karena adanya dorongan dari teman HIPMI. Dirinya memohon kerjasama diletakkan di atas kepentingan apa pun di HIPMI.

Baca Juga: HIPMI Kota Surabaya Gelar Forbis dan Rakercab 2023

"Organisasi ini sangat dewasa. Sudah berusia 50 tahun dan berkontribusi aktif dalam pembangunan ekonomi nasional berharap dengan terpilihnya ketum Hipmo akan membentuk kepengurusan yang bagus dan tetap eksis, berkontribusi dalam pembangunan ekonomi nasional," jelasnya.

Sementara itu, Bagas Adhadirgha langsung memberikan selamat kepada Akbar Buchari.

"Saya ucapkan selamat kepada saudaraku, Akbar Himawan Buchari, semoga mampu memimpin HIPMI ke depan,” ucap Bagas yang juga sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) HIPMI periode 2019-2022 itu.

Baca Juga: Pemkot Kediri Ajak Hipmi Tumbuhkan Perekonomian Kota Kediri

Melansir berbagai sumber, Akbar Himawan Buchari sempat menjadi Anggota DPRD Sumatra Utara Fraksi Golkar periode 2019 sampai 2024. Sebelumnya, ia juga terpilih sebagai Ketua Umum Badan Pengurus Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumatra Utara.

Selama ini, dia dikenal sebagai pengusaha transportasi perusahaan otobus (PO) Kurnia dengan armada sekitar 250 unit bus. Selain itu, pria kelahiran lahir 25 November 1988 ini juga bergelut ke  bisnis kelapa sawit dan properti.

Melalui sidang pleno Munas XVII itu juga ditetapkan tim formatur HIPMI, antara lain Akbar Buchari, Bagas Adhadirgha dan Eka Sastra. Selanjutnya formatur membentuk seluruh kepengurusan BPP HIPMI periode 2022-2025. jk

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU