AKD Sambut Positif Program Gali Potensi Desa DPRD-KWG

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 12 Okt 2020 16:21 WIB

AKD Sambut Positif Program Gali Potensi Desa DPRD-KWG

i

Ketua AKD Gresik Nurul Yatim. SP/ Muhammad Aidid

Baca Juga: Anggap Sebagai Masukan Konstrukrif, Pj Wali Kota Mojokerto Atensi Rekomendasi DPRD Terhadap LKPJ Tahun 2023

SURABAYAPAGI.com, Gresik - Inisiatif DPRD Gresik dan Komunitas Wartawan Gresik (KWG) untuk menggali potensi desa disambut  positif oleh Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Gresik.
 
Ketua AKD Gresik Nurul Yatim berharap dengan program tersebut, potensi desa baik berupa wisata, sentra kuliner, usaha mikro kecil menengah (UMKM) pertanian, dan potensi lain, bisa dikelola maksimal sehingga mampu mendongkrak pendapatan asli desa (PADes) dan mewujudkan kemandirian desa.
 
"Saya mewakili AKD sangat mendukung program yang diinisasi KWG dan DPRD untuk menggali potensi desa untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat, dan mewujudkan kemandirian desa," ujar Yatim kepada awak media, Senin (12/10).
 
Menurut Nurul Yatim, di Kabupaten Gresik banyak potensi desa yang bisa digali untuk menggeliatkan sumber pendapatan desa dan menciptakan lapangan pekerjaan. Ia mencontohkan potensi wisata, sentra pertanian, kuliner, industri, UMKM, wisata edukasi, dan lainnya
 
Untuk itu, Nurul Yatim meminta Pemkab Gresik melakukan pemetaan potensi desa. "Setelah diketahui potensinya, pengembangannya seperti apa yang bisa menjadikan potensi itu untuk kemaslahatan warga, dan desa setempat termasuk pemerintah," tambahnya.
 
Nurul Yatim juga minta kepada DPRD Gresik juga menyiapkan regulasi berupa peraturan daerah dalam menjalankan program penggalian potensi. "Hal ini sebagai pijakan atau payung hukumnya," pungkasnya. did/adv
 
 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU