H. Syukur, Pedagang Tervokal Dampingi Wali Kota

Akhirnya Pasar Turi Baru Dibuka oleh Wali Kota Eri Cahyadi

H. Syukur , perwakilan pedagang Pasar Turi menerima tumpeng dari Wali Kota Eri Cahyadi

SURABAYAPAGI.com, Surabaya- Alhamdulillah, Pasar Turi baru yang 10 tahun lebih mangkrak, Senin (21/3/2022) pagi tadi dibuka oleh Wali kota Surabaya, Eri Cahyadi.

Sebelum pemotongan pita di lobi gedung, dilakukan pengajian dan tasyakuran. Walikota Eri datang menggunakan hem koko warna putih disertai sarung warna kuning kecoklatan.

 

Hal yang diluar dugaan, usai pengajian dilakukan pemotongan tumpeng. Wakil pedagang yang menerima potongan tumpeng dari Wali kota Eri ternyata H. Syukur, yang selama ini dikenal paling keras dan vokal menolak kebijakan investor PT Gala Bumi Perkasa, almarhum Henry J Gunawan.

H. Syukur, yang tadi berpeci putih, menggenakan baju koko putih dan bersarung, tak henti-hentinya mengurai air mata. Berkali kali, pria asal Madura menengadahkan kedua tangannya, saat walikota Eri, berdoa.

H. Syukur juga beberapa kali menyeka air mata sambil terisak. ”Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada pak Wali (Eri Cahyadi). Pasar Turi bisa beroperasi lagi. Saya terharu, perjuangan selama ini, bisa didengar oleh pak Wali,“ kata H. Syukur usai tasyakuran.

Sementara, dalam sambutannya, Wali kota Eri berpesan, hendaknya Pasar turi baru sekarang dan mendatang dijalankan dengan kebersamaan dan jauhkan sifat-sifat ego.

Sedangkan, dengan dibuka dengan ditandai pemotongan tumpeng dan potong pita, direspon di media sosial WA Grup dan Facebook yang dikelola Surabaya Pagi.

Ada mantan pejabat Surabaya yang kini bertugas di Jakarta, merasa kangen dengan kisah Pasar turi yang lama mangkrak. ”Ini membuat saya kangen pulang ke Surabaya," tulisnya dalam.

Sekretaris Paguyuban pedagang M. Elham, saat ditemui Surabaya Pagi usai peresmian dan sedang memindah barang-barang yang berada di TPS, merasa senang dan bangga bisa berjualan di stan gedung yang megah.

"Kita manut dengan wali kota dan siap berjualan lagi di dalam gedung. Para pedagang berharap wali kota memberi jaminan para pedagang yg di eks TPS ini bisa ikut berjualan lagi," harap Elham. (er/rm)