Aksi Kemanusiaan, Selamatkan Nyawa Eriksen

Para pemain Denmark dan medis menutupi saat Christian Eriksen sedang kolaps. Hingga beberapa menit, Eriksen bisa siuman dan dibawa ke Rumah Sakit. SP/AFP/Gregor Pascall

SURABAYAPAGI.COM, Kopenhagen - Piala Eropa baru bergulir dua hari, sudah menjadi perhatian dunia. Bukan karena kemenangan besar atau aksi pemain. Melainkan aksi kemanusiaan yang menyelamatkan nyawa seorang pemain.

Adalah aksi 10 pemain Denmark yang melindungi dan memberikan support kepada Christian Eriksen, yang Sabtu (12/6/2021) malam kemarin, nyaris kehilangan nyawanya.

Pada menit 43, pemain Inter Milan itu tiba-tiba ambruk tak sadarkan diri. Alhasil membuat beberapa pemain Denmark, termasuk kapten tim, Simon Kjaer langsung memberikan perhatian dan berusaha memberikan pertolongan pertama.

Setelahnya, tim medis dengan cepat masuk ke lapangan untuk menangani kondisi gelandang Inter Milan tersebut. Dalam situasi seperti ini, para penggawa Denmark kemudian berdiri di sekeliling Eriksen. Mereka melingkari pria 29 tahun ini yang tengah mendapat penanganan medis.

Tindakan kemanusiaan para pemain Denmark dilakukan untuk menutupi Eriksen dari sorot kamera. Para pemain Denmark ini tetap berdiri tegap meski sorot wajah mereka tampak begitu cemas melihat kondisi rekannya.

Eriksen mendapat penangan medis yang cukup lama di lapangan. Ia tampak mendapat pertolongan CPR (resusistasi jantung dan paru). Gelandang 29 tahun ini kemudian bisa sadarkan diri dan langsung di bawah ke rumah sakit.

Dilaporkan bahwa kondisi Christian Eriksen di rumah sakit saat ini terbilang stabil. Beberapa kabar juga mengungkap mantan pemain Tottenham Hotspur sudah mulai bisa berbicara.

 

Sulit Bermain Lagi

Meski kondisi Eriksen perlahan mulai membaik. Namun, Profesor Kardiologi Spesialis Olahraga London's St George's University, Sanjay Sharma menilai kecil kemungkinan Eriksen bisa bermain kembali.

Ia menilai pasti ada sesuatu yang tidak beres dalam tubuh Eriksen dan dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut lagi. Sharma mengungkap sangat berisiko mengizinkan Eriksen bermain kembali. "Saya sangat senang. Fakta dia stabil dan sudah sadar. Ini adalah hal akan sangat bagus," ujar Sharma kepada PA dikutip dari Sportmole.

"Saya tidak tahu apakah dia akan bermain sepak bola lagi. Terus terang, dia sempat 'meninggal' meski hanya beberapa menit hari ini. Tapi itu tetap saja 'meninggal' dan akankah tim medis mengizinkannya meninggal lagi?" "Jawabannya adalah tidak," tegasnya.

Sharma mengatakan kini keputusan berada di tangan Eriksen dan Inter terkait kelanjutan karier Christian Eriksen ke depannya. "Kabar baiknya adalah dia tetap hidup, kabar buruknya adalah dia akan segera mengakhiri karirnya, jadi apakah dia akan tetap bisa bermain di pertandingan sepak bola profesional lainnya, saya tidak bisa mengatakan," ungkap Sharma menambahkan "Di Inggris dia tidak akan bermain. Kami akan sangat ketat tentang hal itu," jelasnya.

 

Banjir Doa

Insiden kolapsnya Eriksen, memukul seluruh skuad Denmark dan Finlandia serta para penonton. Tak terkecuali seluruh pesepakbola yang bermain di Piala Eropa. Bahkan dukungan dan doa mengalir untuk kesembuhan Christian Eriksen.

Salah satunya Romelu Lukaku, penyerang Belgia yang dua jam setelah laga Denmark dengan Finlandia, mencetak dua gol ke gawang Rusia. Lukaku, merupakan rekan setim Eriksen di Inter Milan.

Dukungan Lukaku dilakukan usai dirinya mencetak gol pertama. Lukaku berlari kearah kamera dan berteriak sembari melakukan gestur hati. "Chris! I Love you!" teriak Lukaku.

Tak hanya Lukaku, dukungan juga dari Cristiano Ronaldo, mantan rekannya saat masih di Real Madrid. "Doa kami untuk Christian Eriksen dan keluarganya," tulis CR7 di Instagram, Minggu (13/6/2021).

"Dunia sepak bola berdiri bersama untuk mengharapkan berita baik. Saya menantikan pertemuan denganmu di lapangan, Chris! Stay strong!" lanjut isi caption di unggahan Ronaldo.

Tak hanya pemain bintang dunia, timnas negara Jerman juga memberikan dukungan terhadap Eriksen. Diunggah di akun instagramnya, @dfb_team, timnas Jerman memberi dukungan kesembuhan terhadap mantan pemain Tottenham Hotspur dan Ajax Amsterdam.

"Dear @chriseriksen8, segala pikiran kami selalu bersamamu. Semoga kamu lekas sembuh," tulis @dfb_team yang memasang foto seluruh personel tim Jerman yang berlaga di Piala Eropa 2020 dengan latar belakang foto Christian Eriksen. rtr/ap/cr2/rmc