Aktor KDRT, Dilarang Akting di TV

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 30 Sep 2022 20:56 WIB

Aktor KDRT, Dilarang Akting di TV

Prahara Rumah Tangga Rizky Billar dan Lesti Kejora

 

Baca Juga: Guru Olahraga di Subang yang Selingkuh dengan Siswi Kelas 12, Ternyata Sering Diberi Uang Bulanan

 

 

Ajakan KPI, Ditengah Panasnya Pencekikan Aktor Rizky Billiar pada Lesti Kejora, Istrinya. Bahkan, Aksi KDRT Disaksikan Asisten Rumah Tangga dan Karyawan 

 

 

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta- Konflik rumah tangga Rizky Billar dan Lesti Kejora, kian memanas dan merembet hingga penyiaran di televisi. Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) pun mengimbau pelaku KDRT agar tidak diberi ruang untuk tampil di TV maupun radio. Meski KPI tidak menyebut nama secara langsung, imbaun ini muncul selang sehari setelah Lesti Kejora melaporkan Rizky Billar ke pihah kepolisian atas dugaan KDRT. Selain itu, atas laporan Lesti Kejora ke Polres Metro Jakarta Selatan, kini penyidik langsung gerak cepat. Dan menyatakan bahwa KDRT itu nyata dan terjadi.

Nuning Rodiyah Komisioner KPI Pusat Bidang Kelembagaan secara terang-terangan meminta semua lembaga penyiaran untuk tidak menjadikan pelaku KDRT sebagai pengisi acara atau penampil dalam semua program siaran.

Ia menyebutkan, kemunculan para figur publik yang terindikasi sebagai pelaku KDRT di lembaga penyiaran akan memiliki dampak negatif terhadap usaha penghapusan KDRT di Indonesia.

Menurut Nuning, para figur publik harus memberi contoh positif kepada pemirsa, baik melalui apa yang nampak di layar kaca maupun contoh dalam kehidupan sehari-hari yang bersangkutan.

"Segala bentuk kekerasan, terutama KDRT, merupakan pelanggaran terhadap hak asasi manusia. Kekerasan dan KDRT juga merupakan bentuk diskriminasi dan kejahatan terhadap martabat kemanusiaan yang harus dihapus," ujarnya.

Nuning menekankan bahwa ia berharap, lembaga penyiaran juga memberikan dukungan terhadap setiap usaha menghapus KDRT ini sebagai bentuk penghormatan hak asasi manusia, keadilan dan kesetaraan gender, non diskriminasi dan perlindungan korban.

Di antara bentuk dukungan yang dapat ditunjukkan pengelola televisi dan radio adalah dengan menutup ruang bagi para pelaku kekerasan tersebut dalam ruang siar.

 

Bukan Settingan

Sedangkan, Polres Metro Jakarta Selatan telah memeriksa dua orang saksi atas laporan dugaan KDRT Rizky Billar terhadap istrinya. Hal ini menunjukkan bahwa peristiwa KDRT yang diduga dilakukan Rizky Billar, kepada Lesti kejora, bukan settingan.

Keduanya merupakan asisten rumah tangga serta karyawan yang tengah berada di tempat terjadinya dugaan kekerasan tersebut.

"Saksi adalah Novitasari selaku ART, lalu Firda sebagai karyawan Leslar Entertainment. Dia menerangkan dan menyaksikan kejadian kekerasan. Jadi ini bukan rekayasa," kata Kombes Pol Endra Zulpan selaku Kabid Humas Polda Metro Jaya, Jumat (30/9/2022).

Sebagai langkah awal, penyidik telah meminta Lesti Kejora sebagai pelapor untuk melakukan visum guna menguatkan laporannya.

Penyidik telah melakukan pemeriksaan awal berupa "meminta visum kepada korban yang nantinya akan menguatkan laporan," ujar Kombes Pol Endra Zulpan.

Lebih lanjut, polisi juga akan memeriksa psikologi dari Lesti Kejora akibat kejadian dugaan KDRT yang telah dialaminya. "Nanti akan ada pemeriksaan psikologis terhadap korban, Lesti Kejora," tutur Kombes Pol Endra Zulpan.

"Kepolisian menyayangkan kejadian ini terjadi dan bersimpati kepada korban," imbuhnya.

Sekadar informasi, isu soal KDRT itu muncul setelah Lesti Kejora menuduh Rizky Billar selingkuh. Dalam laporan resmi yang dirilis Polres Metro Jakarta Selatan, tertulis kronologi kejadian tersebut. Rizky Billar dituduh emosi bahkan mendorong Lesti Kejora ke lantai. "Terlapor emosi dan berusaha mendorong korban dan membanting korban ke kasur dan mencekik leher korban," tulis keterangan polisi.

"Korban terjatuh ke lantai dan hal tersebut dilakukan berulang-ulang. Kemudian pada jam 10.00 WIB, terlapor berusaha menarik tangan korban ke arah kamar mandi dan membanting korban ke lantai dan berulang kembali. Sehingga tangan kanan, leher dan tubuhnya merasa sakit. Atas kejadian tersebut, korban merasa sakit dan melaporkan ke Polres Metro Jakarta Selatan, guna ditindaklanjuti," begitu isi laporan tersebut. Atas laporan tersebut, Rizky Billar terancam hukuman maksimal 15 tahun penjara.

Baca Juga: Ngakunya Istri Siri Ternyata Akta Nikah Sirinya Palsu

 

Selingkuh dengan Model

Peristiwa ini kian berkembang ke mana-mana. Hingga Billar diisukan punya selingkuhan. Dia adalah model sekaligus pesinetron Devina Kirana. Devina Kirana baru-baru ini menjadi sorotan karena dituding sebagai penyebab rumah tangga Rizky Billar suami Lesti Kejora ribut hingga mengalami KDRT.

Namanya mencuat lantaran Devina Kirana sempat beradu akting romantis dengan Rizky Billar di beberapa adegan sinetron beberapa waktu lalu. Diketahui, Devina dikenal sebagai model dan aktris. Selain itu, juga berprofesi sebagai seorang pengusaha.  Ia memiliki toko online bernama Salens Official yang menjual pakaian stelan tidur.

Devina Kirana mulai menekuni dunia entertainment sejak tahun 2013 lalu.  Ia mengawali kariernya di industri hiburan dengan menjadi model remaja saat berusia 15 tahun.

Sinetron yang pernah dibintangi Devina Kirana adalah Jodoh Wasiat Bapak ANTV dengan memerankan karakter Rosalinda.

Akun Instagram @rumpigosip memperlihatkan gerak cepat warganet yang berkomentar nyinyir kepada Devina Kirana. "Kukira ganteng, murah senyum itu tanda orang baik, gak taunya ada udang di balik bakwan," tulis Bundanyaziyyan.

"Ada cincin couple yg sama-sama make, tp di IGS devi sdh dihapus," tulis Mia.

"Wajarlah bilar senang liat yg cantik-cantik dan indah-indah," tulis Oldi.

"Mungkin dia mau yang hot," tulis Novie.

"Oohh ini lakornya," tulis Eliezer.

"Story ig nya bekas cupangan, 1 ditutupin rambut ehh malah keliatan," tulis Djairin.

Baca Juga: Diduga Alami KDRT, Emak-emak Tewas Diracun Suami

Tak hanya soal selingkuhan, masa lalu Billar juga diobok-obok netizen.

 

Komunitas Gigolo

Baru-baru ini beredar sebuah postingan Twitter di akun @G*g*loJKT1993 yang menampilkan potret diduga Rizky Billar pada 23 September 2015 lalu. Postingan ini menjadi perbincangan setelah diangkat kembali oleh akun Twitter @infotwitwor_.

Akun tersebut kerap membagikan dan menawarkan informasi seputar laki-laki muda dengan paras rupawan.

Adapun informasi yang dibagikan menyangkut nama, foto, domisili, dan kontak. Tak jarang, foto yang dilampirkan oleh akun adalah foto tidak senonoh.

Tak hanya sekali, akun itu memposting foto Rizky sebanyak dua kali pada hari yang sama.

Pada postingan pertama, nampak foto Rizky Billar sedang berswafoto dengan baju merah. Sedangkan, satu foto lagi menampilkan Rizky mengambil mirror selfie sambil bertelanjang dada.

Sementara itu, pada postingan kedua, nampak 3 foto Rizky Billar. Foto pertama menampilkan potretnya sedang berdiri dengan baju dan kacamata hitam, foto kedua adalah swafoto bertelanjang dada, dan foto ketiga menampilkan Rizky berbaju orange berdiri berlatar tanaman hijau.

Adapun keterangan caption keduanya sama yakni, “Rizky, Minat? Invite bbm 51eb39d4,” tulis akun tersebut. Sedangkan, melalui pantauan akun tersebut terakhir kali mengirim postingan 26 Juli 2022 lalu.

Jejak digital itu kontan saja mencuri perhatian warganet. Dalam sekejap, postingan itu dibanjiri komentar. “Jejak digital ngeri ye,” kata salah satu warganet.

“Netizen emang keren banget, nemu aja yg begini padahal udh lama,” tulis warganet. jk/43/erc/rl

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU