Alami Cedera Kaki, Phil Foden Diragukan Tampil di Final Euro

Phil Foden cedera jelang final Piala Eropa 2020. SP/ UEFA

SURABAYAPAGI.com, Surabaya – Inggris akan menghadapi Italia dalam partai puncak di Stadion Wembley, London, Senin 12 Juli 2021, dini hari WIB namun, pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate mengungkapkan bahwa Phil Foden mengalami cedera kaki ringan.

Cedera yang dialami Phil Foden menyebabkan dirinya absen pada sesi latihan terakhir timnas Inggris di St George's Park sekaligus diragukan untuk tampil di final Euro 2020 melawan Italia.

"Dia diragukan tampil. Kami harus memeriksanya lagi, tetapi dia mengalami cedera kaki ringan. Tim medis akan memberi kami pembaruan terakhir nanti. Ini bukan sesuatu yang serius, ini hanya masalah apakah itu membuatnya keluar dari pertandingan khusus ini," ujar Gareth Southgate, Minggu (11/7/2021).

Jika cedera Foden butuh waktu pemulihan lebih lama, Inggris juga tidak kekurangan opsi di sisi kanan serangan. Sebab, pelatih Southgate masih bisa menurunkan Bukayo Saka atau Jadon Sancho.

Phil Foden sejauh ini sudah tampil tiga kali pada gelaran Euro 2020. Foden juga menjadi starter dalam dua laga pertama Inggris melawan Kroasia dan Skotlandia. Dia kemudian menjadi pemain pengganti ketika mereka menang atas Denmark dalam semifinal.

Sementara pada kesempatan berbeda, Phil Foden mengingatkan rekan-rekannya untuk tetap fokus dan tak terlena dengan atmosfer final Euro 2020.

"Akan ada begitu banyak emosi saat pertandingan final dengan semua penggemar di sana. Namun, sebagai pemain, kami harus tetap fokus dan menghadapi laga nanti seperti pertandingan pertama di turnamen ini," kata Phil Foden.

"Kami tidak perlu mengubah apa pun karena kami brilian di setiap pertandingan. Untuk mencapai final di stadion kami dengan para penggemar adalah perasaan yang luar biasa."

Bisa melaju ke final Euro 2020 merupakan pencapaian tertinggi Inggris di kejuaraan Eropa. Tapi, mereka belum pernah juara lagi di turnamen besar setelah Piala Dunia 1966 silam. 

"Menjadi tim Inggris pertama yang mencapai final Piala Eropa menunjukkan betapa istimewanya skuad ini dan seberapa banyak pekerjaan yang telah kami lakukan. Kami menghadapi final yang sangat sulit, tetapi kami semua bersemangat," ujar Phil Foden.

Inggris akan menantang Italia pada laga final Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Senin (12/7/2021) dini hari WIB. Ini akan menjadi penampilan pertama timnas Inggris di laga pamungkas Euro setelah sebelumnya selalu tersingkir di semifinal pada 1968 dan 1996. Dsy1