Alkes Rusak, Layanan Poli Gigi Puskesmas Wates Ngadat

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 12 Jan 2023 16:38 WIB

Alkes Rusak, Layanan Poli Gigi Puskesmas Wates Ngadat

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto – Pelayanan khusus poli gigi di Puskesmas Wates, sementara waktu tak beroperasi. Menyusul, sejak Senin (9/1) pelayanan poli gigi ditutup akibat alat kesehatan yang tersedia tak bisa difungsikan.

Kepala UPT Puskesmas Wates dr Mar’atus Sholikah mengatakan, sejak Sabtu (7/1) aliran listrik yang terdapat di ruangan poli gigi padam. Pihaknya sempat memperbaiki kondisi tersebut dan kembali normal pada Minggu (8/1). Namun, awal pekan, aliran listrik di ruangan tersebut kembali tak bisa dinyalakan. Setelah diperbaiki, sejumlah alat kesehatan yang digunakan untuk pelayanan tak bisa dioperasionalkan. ”Seninnya lampu, alat bor dan suction-nya tidak berfungsi. Kompresornya juga nggak bisa dihidupkan,” katanya.

Baca Juga: Gagal Curi Motor, Dua Pemuda di Kota Mojokerto Diringkus Warga saat Sembunyi dari Kejaran Polisi

Mar’atus menyebutkan, kemungkinan ruang pelayanan poli gigi sempat mengalami korsleting. Oleh karena itu, pihaknya kemarin (11/1) mendatangkan petugas untuk melakukan perbaikan aliran listrik di ruangan tersebut. ”Bisa jadi karena korslet juga, belum tahu penyebab pastinya kenapa. Masih dalam proses perbaikan,” sebutnya.

Baca Juga: Ratusan WBP Lapas Mojokerto Terima Remisi Khusus Idul Fitri

Dia menambahkan, pihaknya juga belum mengetahui kondisi alat kesehatan tersebut masih bisa digunakan lagi atau tidak. Imbas dari insiden tersebut, Mar’atus memutuskan untuk mengalihkan layanan khusus poli gigi di Puskesmas Pembantu (Pustu) Bancang. Tujuannya agar proses layanan kesehatan pada masyarakat bia tetap berjalan seperti biasa. ”Sementara untuk yang pelayanan khusus di gigi, masyarakat kami minta berpindah ke Pustu Bancang dulu,” jelasnya.

Kendati demikian, Mar’atus mengakui, tidak semua pelayanan gigi bisa dilaksanakan di Pustu Bancang. Beberapa tindakan seperti tambal gigi, cabut gigi dewasa, dan pembersihan karang gigi tidak bisa dilakukan. Pemeriksaan yang tersedia di pustu hanya sebatas pengobatan serta perawatan saja.

Baca Juga: Dorong Daya Beli Masyarakat, Kejaksaan dan Pemkot Mojokerto Sinergi Gelar Bazar Sembako Murah

”Selama menjadi kompetensi puskesmas tetap bisa dilayani. Namun hanya untuk pengobatan, perawatan tambal gigi dan pencabutan gigi sulung atau gigi anak yang masih bisa dilayani,” tandasnya. Hingga kini, dia juga belum bisa memastikan kapan pelayanan poli gigi di Puskesmas Wates akan dibuka normal. Dwi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU