Alumnus UNAIR Ajak Pemuda Surabaya Lawan Hepatitis B dan Pandemi Covid

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 09 Mar 2021 14:59 WIB

Alumnus UNAIR Ajak Pemuda Surabaya Lawan Hepatitis B dan Pandemi Covid

i

dr. Ricky Indra Alfaray, founder Duta Kabonara sekaligus alumnus Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga 2018. SP/ Mbi

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Alumnus Universitas Airlangga (UNAIR) mengajak pemuda Kota Surabaya bersama-sama memerangi Hepatitis B dan Pandemi Covid-19. Seruan itu digaungkan oleh dr. Ricky Indra Alfaray lewat pembentukan Duta Kesehatan Anti Hepatitis B dan Corona Surabaya (Duta Kabonara), Selasa (08/03/2021).

Dokter muda lulusan Fakultas Kedokteran (FK) sekaligus Duta UNAIR periode 2015 itu mengungkapkan, Duta Kabonara merupakan wadah bagi generasi muda dalam melawan Hepatitis B dan Covid-19. “Kita ingin mendorong peran aktif generasi muda dalam melawan dua permasalahan kesehatan utama yang sedang gencar dilawan oleh tenaga kesehatan di seluruh wilayah Surabaya,” terangnya.

Baca Juga: Ada Kemungkinan Akhir 2022, PPKM Berhenti

Paguyuban duta yang berada di bawah bimbingan Wakil Rektor Bidang Internasionalisasi, Digitalisasi dan Informasi, Muhammad Miftahussurur, dr. M.Kes, Sp.PD-KGEH., Ph.D., itu tak henti mengedukasi masyarakat. Beragam kegiatan telah dilakukan. Seperti promosi kesehatan, perlindungan spesifik, hingga diagnosis dini dan pengobatan cepat.

Ricky mengatakan, seluruh aksi tersebut dominan dilakukan secara daring. Sejumlah media massa dimanfaatkan jadi sarana sosialisasi. Selain itu, tak sedikit kolaborasi juga diupayakan. Salah satunya kolaborasi dengan Duta Pariwisata Indonesia yang dilakukan beberapa waktu lalu.

“Waktu demo kemarin misalnya, kita edukasi bagaimana persiapan demo di masa Covid-19. Apa saja yang perlu disiapkan, kita kasih masker, handsanitizer, kayak gitu. Biasanya kita juga ada webinar, bikin poster, dan sosialisasi online,” imbuhnya.

Baca Juga: Riset: Tumbuhan Pegagan Embun Bisa Cegah Infeksi Covid-19

Ricky menyebut, Duta Kabonara juga fokus meningkatkan cakupan vaksin sebagai upaya Specific Protectiondengan melakukan screening bagi masyarakat yang berisiko tinggi terpapar Hepatitis B atau Covid-19. Pasalnya, kehadiran Duta Kabonara telah memberikan kontribusi pada pencegahan penyakit Hepatitis B dan Covid-19 di Surabaya. Hingga kini, ada sebanyak 15 anggota aktif yang terpilih melalui berbagai tahapan seleksi yang ketat.

Selanjutnya, Duta Kabonara akan melaksanakan sejumlah agenda besar bagi generasi muda Indonesia dalam melawan Hepatitis B dan Covid-19. Di antaranya yakni Seminar dan Workshop series mengenai Covid-19, serta Kompetisi Nasional yang bekerja sama dengan sejumlah komunitas kepemudaan.

“Kita udah mulai rapat sekarang, akhir tahun ini mulai running. Rencananya kita juga bakal bikin buku juga dari situ,” tandasnya.

Baca Juga: Kasus Omicron XBB Terus Naik, Menkes Budi Tenangkan Warga

Dirinya berharap, Duta Kabonara memiliki dampak perubahan untuk Surabaya. Minimal, dapat mengedukasi pemuda yang ada di Surabaya. Ricky juga ingin pengabdian Duta Kabonara tidak terbatas hanya di Kota Surabaya.

“Mungkin nanti kita akan memperbesar nama kita dan nggak cuma mencakup Surabaya aja, tapi nasional kalau kita udah makin dikenal. Semoga ketika pandemi Covid-19 di Indonesia selesai, Duta Kabonara ini akan selalu aktif,” pungkasnya. mbi

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU