Sholat Jumat Perdana di bulan Ramadan

Ampel Meluber Keluar, Khotbah Al Falah Dibatasi

Beberapa jamaah sedang khusyuk melaksanakan sholat jumat di luar halaman masjid Ampel Surabaya, Jumat (16/4/2021). SP/Patrick

 

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Hari Jumat (16/4/2021) adalah Jumat pertama di bulan Ramadan 1442 H. Masih dalam suasana pandemi, ibadah Shalat Jumat di beberapa masjid besar di Surabaya, terpantau sangat dipadati oleh jamaah. Baik di Masjid Ampel dan Masjid Al Falah Surabaya.

Bahkan, antusiasme pelaksanaan Sholat Jumat di Masjid Ampel, hingga meluber di luar halaman masjid. Tepatnya di sepanjang Lorong para pedagang Ampel. Beberapa warga Surabaya terlihat rindu bisa menunaikan ibadah sholat Jumat langsung di masjid.

Dari pantauan Surabaya Pagi, di Masjid Ampel juga diterapkan protokol kesehatan. Seperti pembatasan shaf jamaah di dalam masjid. Tak heran, jamaah ibadah Sholat Jumat sampai meluber hingga Lorong lapak pedagang Ampel di pintu masuk. Meski begitu, beberapa warga tetap khusyuk tetapi tak banyak yang mengindahkan protokol seperti mengenakan masker.

Terjadi juga di Masjid Al Falah Surabaya. Antusiasme jamaah cukup memenuhi ruangan di dalam masjid. Bahkan, ada beberapa yang sholat di luar halaman. Bahkan, sebelum masuk majid, tiap jamaah diberi kantong kresek untuk membungkus alas kaki mereka, untuk menghindari antrian. Hanya saja, untuk khotbah Jumat, pengurus Masjid Al Falah membatasi maksimal 15 menit. Tidak seperti sebelum pandemi.

“Kami sudah membatasi khotbah Jumat maksimal 15 menit saja. Bahkan pengurus masjid sudah membekali semua khotib yang berceramah dengan aturan ini. Dan tak tanggung-tanggung, kita juga memberi kode untuk khotib mengakhiri khotbah Jumatnya,” kata Asrofi, Kepala Bagian Dakwah Masjid Al Falah, Jumat (16/4/2021). pat/cr2/rmc