Anak Balita Sambo ke 4, Hasil Adopsi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 31 Okt 2022 21:10 WIB

Anak Balita Sambo ke 4, Hasil Adopsi

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Dalam sidang lanjutan kasus Sambo, ada debat menarik. Adalah ajudan Ferdy Sambo, bernama Daden Miftahul Haq, yang menyebut anak keempat Sambo dan Putri Candrawathi merupakan anak adopsi.

Kesaksian Deden, berbeda dengan keterangan asisten rumah tangga Sambo, Susi, yang menyebut balita itu merupakan anak yang dilahirkan istri Sambo, Putri Candrawathi. Debat antara Ajudan dan pembantu Sambo, memakan waktu cukup lama. Hakim tak yakin dengan kesaksian Susi, yang dianggap berbohong. Makanya Majelis hakim “menghukum” Susi, untuk hadir setiap sidang Sambo. "Dari tahun 2019 apa dia pernah hamil melahirkan?" tanya hakim ke Daden saat menjadi saksi di sidang Bharada Eliezer di PN Jaksel, Senin (31/10/2022).

Baca Juga: Dua Pelaku Pembunuhan di Pakis Berhasil Diringkus Satreskrim Polres Malang

 

Tak Pernah Hamil

"Setahu saya dia tidak pernah hamil yang mulia," jawab Daden.

Hakim kemudian mengulangi ucapan Susi yang menyatakan balita tersebut dilahirkan oleh Putri. Daden sempat ragu menjawab pertanyaan hakim karena Putri dan Sambo sempat khawatir dengan masa depan anaknya.

"Lho ini menyangkut kasus, bukan untuk merusak masa depan," ujar hakim.

"Siap yang mulia, untuk anak ibu PC dan bapak yang paling paling kecil itu (sebut nama) itu anak adopsi yang mulia. Untuk prosesnya kami tidak tahu yang mulia," ucap Daden.

Ketua majelis hakim, Wahyu Iman Santosa, bertanya ke asisten rumah tangga (ART) Ferdy Sambo bernama Susi soal balita di rumah Ferdy Sambo. Hakim bertanya balita tersebut anak siapa.

Awalnya, Susi mengatakan Putri Candrawathi dan Ferdy Sambo memiliki empat anak. Anak terakhir, kata Susi, masih berusia 1,5 tahun.

"Anaknya siapa yang lahirkan? Ibunya siapa yang lahirkan?" tanya hakim Wahyu ke Susi yang menjadi untuk terdakwa Bharada Eliezer.

"Ibu Putri Candrawathi," kata Susi.

Hakim kemudian mengingatkan Susi kalau dirinya sudah disumpah sebagai saksi.

 

Baca Juga: Dipenuhi Kejanggalan, Saksi Perampokan Tragis di Desa Imaan Gresik Ditemukan Tewas di Kebun Jagung

Susi tak Jawab

Hakim kembali bertanya siapa yang melahirkan balita tersebut.

"Saudara bohong, saudara sudah disumpah lho. Saudara jangan bohong. Siapa yang lahirkan?" kata hakim.

Pertanyaan ini tidak dijawab oleh Susi.

"Banyak bohong dia di sini! Kok diam?" cecar hakim lagi.

"Ibu Putri," kata Susi.

"Saudara tetap (katakan) Ibu Putri yang melahirkan? Jawab yang serius! Siapa yang melahirkan?" tanya hakim dan lagi-lagi dijawab Susi dengan menyebut 'Ibu Putri' dengan suara pelan.

Baca Juga: Dituduh Curi 2 Dus Mie Instan, Pria Asal Cimahi Tewas Dikeroyok Massal

Susi mengatakan anak keempat Putri itu lahir 23 Maret 2021. Namun, Susi tidak tahu di mana Putri melahirkan

 

Jarak Anak Ke 3-4 Jauh

Anak-anak dari Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi sendiri diketahui ada 4 orang.

Anak sulungnya diketahui perempuan, selanjutnya anak kedua dan ketiganya adalah laki-laki, sementara anak bungsunya masih belum diketahui secara pasti jenis kelaminnya.

Untuk nama dari ke-empat anaknya pun hingga saat ini masih belum diketahui, namun untuk usia dari masing-masing anaknya adalah sebagai berikut Anak pertama: 21 tahun, Anak kedua 17 tahun, Anak ketiga 15 tahun, dan anak keempat: 1,5 tahun.

Perbedaan usia anak ke 3 dan 4, yang jauh, sejak awal terbongkarnya kasus rekayasa ini sudah menjadi pergunjingan di kalangan istri anggota Polri. Mengingat usia Putri saat ini sudah 49 tahun. Berarti istri Sambo, hamil saat usia 47 tahun. erk/jk/erm/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU