Anak Teh Ninih tak Rela Ibunya Dilecehkan Aa Gym

Kiai Haji Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym dan Teh Ninih

 Ghaza Al Gazali Menulis Aa Gym menyebut Ibunya ‘’Kamu munafik. Kamu menuhankan makhluk’ 

 

SURABAYAPAGI.COM, Bandung – Da'i kondang asal Bandung Kiai Haji Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym, disorot oleh Muhammad Ghaza Al Ghazali, anak kandung dari Teh Ninih dan Aa Gym. Ghaza menyoal perlakuan tidak menyenangkan dari Kiai Haji Abdullah Gymnastiar terhadap ibu kandungnya, Teh Ninih.

Ghaza terang-terangan menuliskan sikap tidak menyenangkan ayahnya kepada ibunya, Ninih Muthmainnah. Selama masih berstatus suami istri.

Kekecewaan  Ghaza dalam bentuk curhat diunggah pada akun Facebook Kamis, (3/6/ 2021). Ghaza menulis, Aa Gym sering mencaci maki Teh Ninih.

Dalam tulisannya, Ghaza bercerita, seminggu sebelum pernikahannya terjadi, Aa Gym melontarkan pertanyaan soal kepentingan Teh Ninih hadir di momen spesial sang anak.

“Buat apa dia hadir?. Seolah lidahku keluar untuk menjawabnya. Entah apa kalimat yang tepat untuk menjawab pertanyaan demikian,” tulis Ghaza, Kamis (3/6/2021).

“Untuk apa seorang ibu hadir di pernikahan putranya?. Menurut Anda, apakah jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut? Akankah Anda menjawabnya dengan mudah? Atau Anda akan terdiam membisu, terperanjat karena ayah Anda bertanya demikian kepada Anda?,” tulis Ghaza, bernada tanya.

 

Teh Ninih Dituding Musyrik

Menurut Ghaza, Teh Ninih kerap mendengar kalimat-kalimat kasar dari mulut Aa Gym. Kalimat kasar tersebut, lanjut Ghaza, kerap dilontarkan Aa Gym dalam berbagai situasi, bahkan di tempat umum sekalipun. Tudingan Aa Gym kepada ibunya  “‘Kamu musyrik. Kamu munafik. Kamu menuhankan makhluk’,” tulis Ghaza.

“Inilah kalimat-kalimat pujian yang selalu kami dengar. Ya, selalu. Dikala makan di restoran. Berangkat sekolah. Berkumpul bersama. Bahkan mungkin, di setiap sudut bumi ini, hanya ada pengingat akan kalimat itu semua,” tulis Ghaza melanjutkan.

Diungkapkan oleh Ghaza, Aa Gym ayah kandungnya, sudah belasan tahun bertindak demikian, yakni mengeluarkan kalimat-kalimat kasar.

“Berapa lama, ya? Ya, hanya sebentar. Mungkin sekitar 15 tahun. Alunan puji-pujian yang memenuhi relung kami,” ujar Ghaza.

Lebih jauh, Ghaza menyebut bahwa sudah seharusnya penderitaan Teh Ninih berhenti. Dan sekarang saatnya untuk bahagia, meski tak bersama-sama.

Ghaza juga menduga, terdapat permainan di pengadilan pada saat proses perceraian Aa Gym dan Teh Ninih. Ia juga menduga, mungkin 15 tahun belum cukup bagi Aa Gym untuk menyiksa Teh Ninih. Meski begitu, Ghaza kembali menegaskan bahwa sekarang adalah waktunya bagi Teh Ninih untuk berhenti merasakan penderitaan.

 

Permainan di Pengadilan

“Ya, betul. Nampaknya kemarin ada sedikit permainan di pengadilan. Begitulah, manusia. Barangkali, waktu 15 tahun belum cukup untuk menyiksamu, mungkin beliau masih perlu waktu untuk merasa puas. Namun maaf. Sudah cukup. Sudah cukup sampai sini permainannya,” katanya lagi.

Teh Ninih yang hampir satu tahun dicerai oleh Aa Gym, hingga saat ini masih digantung dan dipermainkan. Maka itu, ia tak bisa diam saja melihat hal tersebut.

“5 Juni 2020, lusa adalah tepat satu tahun setelah engkau dicerai. Dan, sampai detik ini engkau masih digantung, dipermainkan. Maaf saya tak bisa diam,” ujarnya lagi.

“Wahai Anda pembaca, bertindaklah! Jika Anda mampu berbicara, berbicaralah! Jika Anda mampu menasihati, nasihatilah! Jika Anda mampu pergi, pergilah!,” pesan moral Ghaza.

Maret 2021 lalu, Aa Gym telah menggugat  The Ninih  untuk kedua kalinya.

Kabar ini  mengejutkan jamaah dan tujuh anak-anaknya. Ini mengingat l kedua telah menikah sejak tahun 1988.

Gugatan dua kali ini, karena Aa Gym melakukan poligami menikah lagi dengan seorang perempuan bernama Teh Rini, yang lebih muda dan cantik. Gegara kehadiran Teh Rini, Aa Gym  menceraikan Teh Ninih di tahun 2006

Usai diputus cerai, Aa Gym kembali rujuk dan menikah lagi dengan Teh Ninih di tahun 2012. Namun ternyata, Aa Gym kembali menjatuhkan talak tiga yang kedua kalinya kepada Teh Ninih di awal Maret 2021. Kemudian, Rabu (31/3/2021), Aa Gym mencabut gugatan cerainya. "Dengan mengucapkan alhamdulillah, perkara no 1360/1370 atas nama A Gym dan Teh Ninih resmi dicabut, atas perintah Aa sendiri," ucap pihak Pengadilan Agama Bandung.

Yoki M. Sulaiman sebagai kuasa hukum  Aa Gym mengonfirmasi, faktor ketidakcocokan di antara keduanya menjadi alasan sang pemuka agama mau berspisah lagi dengan istri pertamanya.

Advokat Yoki menambahkan, meski ada gugatan cerai, sampai saat ini  kliennya masih berada di rumah yang sama dengan istri pertamanya itu.

Hubungan dengan Teh Ninih terbilang masih baik-baik saja. Baik-baik saja, seperti biasa aja, cuman di dalamnya saya nggak tau ya," ungkap Yoki.

Respon dari adik ipar Aa Gym, yakni adik kandung Teh Ninih mengaku bersyukur atas pencabutan gugatan cerai kedua dari Aa Gym.

Adik Teh Ninih mengaku bahagia melihat rumah tangga kakaknya dan A Gym kembali rujuk.

Kami dari keluarga berpikir ini merupakan keputusan terbaik. Kami hanya bisa mendoakan, meminta doa dari semuanya. Insya Allah akan baik-baik saja," ucap Dudung, adik kandung Teh Ninih.

"Allah memberikan yang terbaik untuk kita. Untuk alasan saya tidak akan berbicara panjang lebar, karena itu ranah keluarga," tambahnya.

 Melihat fakta ini, Teh Ninih bingung dengan keputusan majelis hakim Pengadilan Agama Negeri Bandung yang mengabulkan pencabutan gugat cerai Aa Gym.

Alasannya, pihak Teh Ninih menyebut Aa Gym sudah menalak tiga, sehingga persidangan mestinya dilanjutkan.

Kuasa hukum Teh Ninih  Agung La Tenritata, mengatakan secara aturan agama, bahwa setelah talak tiga  seharusnya diputuskan cerai dulu, baru kemudian sepakat rujuk. ‘

’ Ini  aturan yang harus ditempuh. Jadi benar, gugatan perceraian dari Aa Gym kepada Teh Ninih itu telah dicabut. Tapi ini juga membingungkan kami sebagai tim kuasa hukum Teh Ninih, kenapa, karena yang kami tahu, Aa Gym telah melakukan talak tiga kepada Teh Ninih. Sehingga, mengapa alasan itu (gugatan) dicabut, kami pun sebagai kuasa hukum Teh Ninih tidak mengetahui secara pasti alasan sesungguhnya dari Aa Gym dan kuasa hukumnya atas hal ini," ujarnya.

 

Teh Rini Merasakan Kesedihan

Istri kedua Aa Gym bernama Alfarini Eridani alias Teh Rini. Saat baru pertama kali menjadi istri kedua Aa Gym, ia mengaku pernah merasakan kesedihan.

Rini mengaku sedih karena setelah menikah dan menjadi istri kedua bisnis butik pakaiannya bangkrut.

Praktis, butik miliknya yang ada di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD) itu, sekarang hanya tinggal kenangan.

‘’Udah nggak ada lagi butik itu. Pas aku pindah ke Malaysia udah nggak karena nggak ada yang urusin sekarang udah tutup," keluhnya didepan rumahnya pada Rabu siang (14/3/2012) perumahan Griya Loka, BSD Tanggerang dilansir dari Tribun news.

Sekarang Teh Rini hanya menjadi seorang ibu rumah tangga mengurus Suami dan ketiga anaknya dari suami pertamanya dan Aa Gym.

"Enggak bisnis apa-apa lagi. sekarang saya dirumah aja. Ngurusin anak-anak aja ngurusin Aa udah gitu," ungkapnya sambil tersenyum. n bad/erc/cr3/rmc