Anak Tukang Becak, Sukses Miliki 7 Store Beromzet Puluhan Juta

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 29 Apr 2021 10:23 WIB

Anak Tukang Becak, Sukses Miliki 7 Store Beromzet Puluhan Juta

i

Fafi Fathur Rohman, owner dari brand Awesam. SP/ MLG

SURABAYAPAGI.com, Malang - Fafi Fathur Rohman, owner dari brand Awesam yang tidak menjual kaos sablon sebagaimana bisnis fesyen pada umumnya, melainkan berjualan kaos polos. Kini, Fafi sudah membuka 7 store Awesam yang tersebar di Malang. Omzetnya pun sudah puluhan juta rupiah per bulan.

Fafi lahir dari keluarga sederhana. Bapaknya, Marzuki, adalah tukang becak, sedangkan sang ibu, Suginem, bekerja serabutan. Alih-alih minder, kondisi tersebut justru memicunya untuk sukses. Awalnya, Fafi mulai berjualan kaos secara online pada tahun 2013.

Baca Juga: 15 Ton Migor Curah Digelontorkan

Fafi memanfaatkan rumah orang tuanya yang berukuran 4x4 meter sebagai lapak. Setiap kali ada pesanan, sebagian keuntungannya selalu dia masukkan untuk stok kaos. Lama-kelamaan, seiring dengan meningkatnya pesanan, stok kaosnya pun jadi melimpah. Dari situ, dia dapat ide untuk menjual kaos polos eceran.

Keberaniannya untuk berjualan di ruko justru adalah titik balik nasibnya. Hingga akhirnya terpikir ide untuk membuat branding Awesam. Fafi membedakan usahanya menjadi dua, ada yang khusus melayani penjualan kaos polos, ada juga yang sablon. "Branding-nya pakai Awesam, tapi dibagi. Ada Awesam Store dan Awesam Merch," jelasnya, Kamis (29/4/2021).

Baca Juga: Pemkab Malang Salurkan Bansos untuk Anak Yatim

Dalam menjalankan usahanya, Fafi bukannya tanpa rintangan. Saat memutuskan ekspansi ke Kepanjen, ia sempat risau karena penjualannya cukup sepi. Bahkan sewa ruko terpaksa tidak dilanjutkan dan ditinggal begitu saja.

Menurutnya, tidak ada kegagalan karena semuanya proses memahami pasar. Jadi, harus tetap bangkit dan mencari solusinya. Karena ketekunannya ini, bapak satu anak ini sekarang sudah mampu mempekerjakan sekitar 40 orang. "Itu jadi pelajaran, 'kan ini semua juga autodidak. Belajarnya ya sambil jalan, yang penting di coba lagi," katanya.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem, Wisata Pantai Malang Selatan Ditutup Sementara

Fokusnya saat ini adalah menyediakan semua kebutuhan fesyen, dengan harga yang terjangkau tapi kualitasnya terjaga. Ada dua hal utama yang menjadikannya sukses seperti sekarang, sabar dan menabung. Sabar, artinya kita harus menikmati semua proses yang ada. Mulai sabar menjual, sabar menanti pelanggan, hingga sabar menunggu hasil.

Menabung, artinya setiap hasil dari usaha harus disisihkan. Jangan setiap dapat untung langsung dinikmati. "Kalau saya kuncinya cuma dua itu. Jadi jangan dilihat sekarangnya, lihat juga prosesnya," tutupnya. Dsy6

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU