Anggaran Covid-19 Menipis, Pemkot Pasuruan Buka Posko Donasi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 01 Jul 2021 11:46 WIB

Anggaran Covid-19 Menipis, Pemkot Pasuruan Buka Posko Donasi

i

Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) saat rapat Satgas COVID-19 Kota Pasuruan, Rabu (30/6/2021). SP/DE/Muhajir Arifin

SURABAYAPAGI, Pasuruan - Ketersediaan anggaran penanganan COVID-19 sudah menipis di Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan. Hal ini diungkap Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) saat rapat Satgas COVID-19 Kota Pasuruan, Rabu (30/6/2021). Dalam kesempatan itu pula Gus Ipul menyebut saat ini pemkot membuka donasi dari masyarakat.

"Ketersediaan anggaran untuk penanganan COVID-19 utamanya untuk biaya tak terduga (BTT) terus berkurang, dan posisinya hari ini sangat tipis sekali. Makanya, kami perlu cari cara lagi," kata Gus Ipul , kemarin.

Baca Juga: Warga Pasuruan Tewas Terkena Ledakan Bondet

Disampaikan oleh Gus Ipul, anggaran penanganan COVID-19 itu sudah digunakan untuk pembelian obat-obatan, tambahan tempat karantina dengan sewa hotel dan lain sebagainya.

Pihaknya akan melakukan cara alternatif dengan melakukan refocusing anggaran yang tersisa, atau meminta bantuan provinsi jika memang masih bisa.

Baca Juga: Polresta Pasuruan Bongkar Kasus Tindak Pidana Percobaan Pencurian Indomaret

"Atau kalau tidak, kami Pemkot membuka posko donasi. Silakan masyarakat yang ingin terlibat menangani COVID-19, mari donasi. Bisa berupa uang atau barang," paparnya.

Terlepas dari anggaran penanganan COVID-19 yang kedodoran, pihaknya tetap akan melakukan upaya penanganan COVID-19. Antara lain mempercepat proses vaksinasi dan persiapan PPKM Darurat, sesuai dengan instruksi pemerintah pusat mulai 2 Juli mendatang.

Baca Juga: PMK di Pasuruan Kembali Ganas

"Satgas juga akan melakukan upaya-upaya yang sudah dilakukan selama ini. Mulai pembatasan kegiatan, PPKM Mikro, dan lain sebagainya. Apa yang sudah kami terapkan akan terus dipertahankan dan ditingkatkan," pungkas Gus Ipul.ps1/na

 

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU