Anggaran Kurang, Porkot Batal Digelar

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 29 Agu 2021 18:37 WIB

Anggaran Kurang, Porkot Batal Digelar

i

Ketua Umum KONI Batu, Mahfud saat memberikan keterangan.

SURABAYAPAGI.COM Batu - Pekan Olahraga Kota (Porkot) di Batu pada tahun gagal digelar. Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Batu mengatakan, penyebab gagal digelarnya Porkot karena anggaran yang tidak mencukupi.

Ketua Umum KONI Batu, Mahfud menjelaskan, tidak adanya Porkot tahun ini karena anggaran yang belum mencukupi. 

Baca Juga: Pemkot Batu Mulai Bongkar Kios Pasar Relokasi

"Untuk tahun ini kami pastikan Porkot tidak akan digelar. Gagalnya agenda tahunan KONI ini dikarenakan anggaran tidak mencukupi," ujar Mahfud, Minggu (29/8/2021).

KONI Kota batu mendapat anggaran Rp 3 miliar, dari pengajuan anggaran Rp 8,8 miliar untuk 2021. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang mendapat anggaran Rp 6 miliar.

"Meskipun anggaran Rp 3 miliar kami tetap optimis. Pengurangan anggaran ini karena adanya pergeseran anggaran untuk penganan Covid-19. Berbeda tahun lalu yang mencapai Rp 6 miliar dan hanya digunakan Rp 4,5 miliar," bebernya.

Dalam PAK tahun ini pihaknya akan mengajukan tambahan anggaran Rp 1.5 miliar. Pengajuan anggaran itu salah satunya untuk bonus atlet berprestasi sekitar Rp 400 juta.

"Beberapa program yang mutlak harus dilaksanakan yakni Puslatkot tahun 2021 menyiapkan atlet untuk Porprov 2022, pemberian asuransi untuk atlet dan pemberian penghargaan prestasi atlet," pungkasnya. 

Baca Juga: BPBD Kota Batu Canangkan Pembentukan Wisata Tangguh Bencana

Wakil Ketua Umum KONI Batu, Lestari menambahkan, kegagalan penyelenggaraan Porkot tahun ini akibat pandemi yang belum mereda. Menurutnya, pembatalan kejuaraan tingkat kota itu bukan karena anggaran. Meskipun ia mengatakan bahwa pengurangan anggaran pada 2021 juga memiliki dampak.

 "Karena pandemi sehingga tidak diprogramkan. Kami akan kelola anggaran untuk persiapan Porprov 2022," kata Lestari. 

Lestari tidak menjelaskan detail kebutuhan anggaran untuk penyelenggaraan Porkot. Ia mengatakan butuh melihat data agar tidak salah menyebut angka. 

"Besok saya beri tahu. Saya harus lihat dulu datanya," ujarnya.

Baca Juga: Libur Lebaran, Pemkot Batu Target 1 Juta Kunjungan Wisatawan

Menurut Lestari, anggaran yang ada saat ini banyak digunakan untuk persiapan atlet menuju Porprov 2022. Di sisi lain, ia juga menjelaskan bahwa 15 atlet dari Kota Batu telah disiapkan untuk mewakili Provinsi Jawa Timur pada PON tahun ini. 

 

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU