Anggaran Menipis, Pemkot Surabaya Buka Posko Donasi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 20 Jul 2021 10:11 WIB

Anggaran Menipis, Pemkot Surabaya Buka Posko Donasi

i

Pemkot Surabaya membuka Posko Surabaya Peduli Bencana di Halaman Balai Kota Surabaya.SP/ PEMKOT SURABAYA

SURABAYAPAGI, Surabaya -  Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya membuka Posko Surabaya Peduli Bencana di Halaman Balai Kota Surabaya. Pemkot Surabaya mulai kesulitan anggaran dalam penanganan covid-19.  Meski seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Surabaya telah me-refocusing anggaran. Kebutuhan penanganan Covid-19 masih belum dapat dicover oleh APBD.

Berdasarkan perhitungan belanja kebutuhan per Juli-Desember 2021, pengeluaran belanja kurang lebih sekitar Rp446 miliar. Sedangkan angka yang dapat di-cover oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) kurang lebih senilai Rp200 miliar.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Disnakertrans Jatim Buka 54 Posko Pengaduan THR

"Bahwa semua sudah kami refocusing. Tetapi ternyata itu belum juga mencukupi. Apalagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang diproyeksi mengalami penurunan 1,5 triliun,” kata Sekretaris Daerah (Pemkot) Surabaya, Hendro Gunawan, di Surabaya, kemarin.

Oleh karena itu, kata Hendro, Pemkot Surabaya butuh seluruh stakeholder untuk terlibat dan berperan dalam penanganan covid-19. Dia juga mengajak seluruh lapisan masyarakat, bahu membahu menghentikan laju penyebaran covid-19 bersama-sama.

“Mari kami ajak panjenengan sedoyo membantu terlibat dalam penanganan pandemi. Kita juga lakukan penjagaan ketat yang didukung oleh RT/RW setempat. Mereka juga kita bekali alat penyemprotan disinfektan agar dapat mensterilkan wilayahnya,” katanya.

Baca Juga: Mengatasnamakan Media Nasional, Warga Lamongan Diperas Wartawan Gadungan

Melalui program ‘Surabaya Memanggil’, Hendro mengajak seluruh lapisan masyarakat mendonasikan sebagian rezekinya di Posko Surabaya Peduli Bencana di Halaman Balai Kota Surabaya. Bantuan bisa mulai dana, masker medis, baju hazmat, hand gloves, Alat Pelindung Diri (APD), test antigen maupun swab PCR.

“Jadi beberapa belanja yang belum bisa ter-cover APBD kita tandemkan dengan dana yang ada di Surabaya Peduli Bencana. Ini bentuk ikhtiar kami semua agar dapat menekan laju virus, sehingga keadaan ini cepat membaik,” terangnya.

Baca Juga: Unesa Terima 4.733 Camaba Lewat Jalur SNBP 2024

Sebenarnya, lanjut Hendro, selama ini Pemkot Surabaya sudah mengumpulkan donasi untuk dana di Surabaya Peduli Bencana. Bahkan setiap bulannya, donasi yang terkumpul dari kalangan pejabat hingga staf di setiap PD itu, diserahkan ke rekening Surabaya Peduli Bencana.

“Itu kita rutin yang dari kita, tetapi Alhamdulillah banyak juga dukungan yang masuk dari masyarakat. Sekali lagi, dengan kerendahan hati panjenengan, kota ini butuh dibantu jenengan semuanya. Supaya lekas pulih dari pandemi dan ekonomi bergerak pulih seperti sedia kala,” jelasnya. sb1/na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU