Anggota DPR Achmad Hafisz Tohir Berharap Inovasi QRIS Bantu Majukan UMKM di Indonesia

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 27 Sep 2022 14:22 WIB

Anggota DPR Achmad Hafisz Tohir Berharap Inovasi QRIS Bantu Majukan UMKM di Indonesia

i

Anggota Komisi XI DPR RI Achmad Hafisz Tohir saat sosialisasi pembayaran menggunakan QRIS.

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Gelombang digitalisasi dalam satu dekade terakhir telah mengubah secara drastis perilaku masyarakat. Salah satunya kehadiran inovasi uang elektronik yang semakin mempermudah pola pembayaran dengan cepat serta aman di era digitalisasi ini.

Anggota Komisi XI DPR RI Achmad Hafisz Tohir berharap inovasi kehadiran pembayaran digital melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) mampu memajukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Baca Juga: Banyuwangi Jadi Pilot Project Pengembangan UMKM Secara Nasional

Hal tersebut merupakan implementasi visi Sistem Pembayaran Indonesia 2025 dimana akan terjadi inovasi layanan pembayaran digital berbasis QR Code.

“Inovasi kehadiran QRIS diharapkan mampu memajukan UMKM khususnya dlm persaingan global saat ini. Nah, Bank Indonesia melihat hal ini sebagai manfaat untuk mendorong efisiensi ekonomi, mempercepat inklusivitas keuangan, dan memajukan UMKM," kata Hafisz.

Baca Juga: Dukung UKM Lokal, UNIQLO Hadir di Unimas District

Hal itu dikatakan Hafisz pada saat memberikan sambutan dalam sosialisasi QRIS kerja sama dengan Bank Indonesia di Palembang, Sumatra Selatan, Minggu (25/9/2022).

Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antarparlemen (BKSAP) DPR RI ini menjelaskan sistem pembayaran saat ini berevolusi dengan tiga unsur penggerak, yaitu inovasi teknologi dan model bisnis, tradisi masyarakat, dan kebijakan otoritas pemerintah.

Baca Juga: 13 UMKM Ekspor 3.300 Handicraft ke Kanada

"Sehingga kehadiran uang elektronik berbasis cip maupun server based mengubah pola pembayaran yang menuntut serba mobile, cepat, serta aman melalui platform antara lain web, mobile, Unstructured Supplementary Service Data (USSD) dan SIM Toolkit (STK)," ujar politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini.  

Sebagaimana diketahui, QRIS adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code. QRIS dikembangkan industri sistem pembayaran bersama dengan Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya. Semua PJSP yang akan menggunakan QR Code Pembayaran wajib menerapkan QRIS. jk

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU