Angka Kematian Masih Tinggi, PTM di Jember Tak Direkomendasikan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 08 Apr 2021 14:02 WIB

Angka Kematian Masih Tinggi, PTM di Jember Tak Direkomendasikan

i

IDI Jember tidak merekomendasikan pembelajaran tatap muka di sekolah. SP/PEMKAB JEMBER

SURABAYAPAGI, Jember - Pembelajaran tatap muka (PTM) bagi anak-anak selama masa pandemi COVID-19 di Jember masih belum direkomendasikan oleh  Ikatan Dokter Indonesia (IDI) di wilayah setempat. Hal ini dikatakan demi mencegah meningkatnya risiko penyebaran virus corona.

"Saya melihat positif rate di Jember masih di atas 5 persen, yakni jumlah kasus positif COVID-19 dibandingkan jumlah pemeriksaan swab," kata Ketua IDI Jember dr Alfi Yudisianto dalam dialog publik bertema 'Ayo ke sekolah dalam rangka pembelajaran tatap muka' yang digelar di Pendapa Wahyawibawagraha Jember, kemarin.

Baca Juga: Gudang Tembakau PTPN X Kebun Ajung Jember Hangus Terbakar saat Sahur

Pihaknya belum memberikan lampu hijau terhadap pembelajaran tatap muka di Kabupaten Jember, merujuk dari  jumlah kasus kematian pasien yang terpapar COVID-19 masih tinggi dibandingkan pasien positif yang menjalani perawatan.

"Kalau dulu jumlah pasien positif mencapai ratusan dengan jumlah pasien yang meninggal 4-5 orang, namun kini kasus pasien positif tinggal puluhan orang dengan pasien yang meninggal 1-2 orang, sehingga tingkat fatality rate nya masih tinggi," tuturnya.

Tidak hanya itu, lanjut dia, kedisiplinan individu masyarakat untuk menggunakan masker masih diragukan, apalagi banyak tokoh publik yang berbicara di depan umum tanpa menggunakan masker."Disiplin protokol kesehatan secara personal di Jember masih belum dilaksanakan sepenuhnya, sehingga kesimpulan kami belum bisa merekomendasikan adanya pembelajaran tatap muka," katanya.

Baca Juga: Pantai Cemara Jember Diterjang Banjir Rob

Sementara anggota Komisi D DPRD Jember Ardi Pujo Prabowo dalam dialog publik tersebut mengatakan banyak warga yang mengeluhkan pembelajaran jarak jauh dan berharap segera dilakukan pembelajaran tatap muka di sekolah. "Beberapa sekolah juga sudah menyatakan kesiapannya untuk menerapkan pembelajaran tatap muka dengan protokol kesehatan secara ketat, sehingga hal itu juga menjadi pertimbangan kami untuk mengusulkan agar pembelajaran tatap muka dilaksanakan," katanya.

Sebelumnya Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan pihaknya akan melakukan uji coba pembelajaran tatap muka pada 25 sekolah sebagai percontohan yang diusulkan kepada Satgas COVID-19."Pelaksanaan belajar tatap muka harus melalui kajian dari Satgas COVID-19 karena menyangkut keselamatan para pelajar," tuturnya.

Baca Juga: Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten di Jember Diperpanjang

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Jember, sebanyak 150 sekolah telah menyatakan kesiapan menggelar sekolah tatap muka, namun proyek percontohan pembelajaran tatap muka maksimal 20 sampai 25 sekolah.kj/cr2/na

 

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU