Angka Kemiskinan dan Pengangguran di Nganjuk Turun pada Tahun 2022

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 16 Mar 2023 11:56 WIB

Angka Kemiskinan dan Pengangguran di Nganjuk Turun pada Tahun 2022

i

Plt. Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi. Foto: Pemkab Nganjuk.

SURABAYAPAGI.COM, Nganjuk - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk menggelar rapat paripurna bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Nganjuk di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Nganjuk pada Rabu (15/3/2023).

Rapat tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Nganjuk Raditya Haria Yuangga. Turut hadir dalam rapat tersebut di antaranya Plt. Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi, pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Nganjuk, Forkopimda Kabupaten Nganjuk, dan OPD terkait.

Baca Juga: Pj Gubernur Adhy Prioritaskan Kurangi Kemiskinan hingga Investasi Ekonomi

Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk Raditya Haria Yuangga menjelaskan laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Nganjuk tahun anggaran 2022 yang mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Nganjuk tahun 2018-2023, Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022, serta APBD tahun 2022 berikut perubahannya.

“Kami baru menerima laporannya. Nanti kita pelajari dengan badan anggaran, kita bahas terkait LKPJ Bupati Nganjuk. Selanjutnya kita tindak lanjuti,” kata Yuangga.

Sementara itu, menyikapi LKPJ Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi mengatakan, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Nganjuk selama tahun 2022 mencapai Rp 30 triliun.

“Sedangkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Nganjuk, pada tahun 2022 sebesar 4,84 persen,” ujar Plt. Bupati Nganjuk yang akrab disapa Kang Marhaen tersebut.

Di lokasi yang sama, Kang Marhaen menjelaskan soal berbagai capaian Indikator Kinerja Daerah (IKD) yang merupakan gabungan dari Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Indikator Kinerja Sasaran (IKS) yang telah ditetapkan dalam RPJMD tahun 2021-2026, seperti Indeks Pembangunan Manusia (IPM), pertumbuhan ekonomi, inflasi, indeks reformasi birokrasi, tingkat pengangguran terbuka, nilai tukar petani hingga indeks ketahanan pangan.

Baca Juga: Wali Kota Surabaya Minta Surveyor Gali Informasi untuk Atasi Kemiskinan

“IPM Kabupaten Nganjuk pada tahun 2021 sebesar 71,97 persen. Sementara pada tahun 2022 sebesar 72,93. Alhamdulillah Kabupaten Nganjuk melampui standar world bank sebesar 72 persen,” terangnya.

Sementara untuk inflasi tahun 2022 terkoreksi positif sebesar 5,76 persen. Angka itu jauh lebih baik dari Provinsi Jawa Timur.

Selain itu, angka kemiskinan di Kabupaten Nganjuk juga mengalami penurunan dimana pada tahun 2021 mencapai 11,80 persen kemudian turun menjadi 10,70 persen.

Baca Juga: Ribuan Buruh Rokok SKT Ucapkan Terimakasih ke Jokowi Lewat Bayu Airlangga

“Alhamdulillah Nganjuk juga tidak punya kemiskinan ekstrem,” tuturnya.

Di samping itu, tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Nganjuk pada tahun 2022 juga mengalami penurunan dari 4,80 persen menjadi 4,60 persen.

“Hampir semua pencapaian kita melampaui target, kita patut bersyukur akan hal itu,” pungkasnya. ngj

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU