Anies Menang Nyapres, Bakal Gedein Anak Macan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 05 Jun 2023 21:28 WIB

Anies Menang Nyapres, Bakal Gedein Anak Macan

LSI Denny JA Sebut Gagal Pilpres, Mantan Gubernur DKI ini Diprediksi Maju Pilgub DKI 

 

Baca Juga: Kesimpulan Sengketa Pilpres 2024, Diserahkan Selasa ini

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta -Bakal capres Anies Baswedan, bila gagal nyapres, diperkirakan akan kembali maju di Pilgub DKI Jakarta. Prediksi ini disampaikan Lembaga survei LSI Denny JA.

LSI Denny merilis survei terkait Anies Baswedan gagal menjadi capres di Pemilu 2024. Peneliti LSI Denny JA Ade Mulyana, menjelaskan survei jika Anies gagal tiket capres ini dilakukan berdasarkan perkembangan yang terjadi dalam partai koalisi. Ade menyebut saat ini dua partai pengusung Anies yaitu Demokrat dan NasDem tengah berurusan dengan hukum.

"Lebih pada faktor partai pengusung Anies. Dari 3 parti pengusung ada 2 partai yang sedang menghadapi kasus hukum, yang pertama Demokrat. Kalau putusan MK mengesahkan Moeldoko berarti dukungan yang diberikan pimpinan AHY ke Anies ini berubah. Kedua kasus yang menerpa Partai NasDem, ada salah satu sekjen partai yang menjabat Menkominfo ini tersandung kasus BTS," kata Ade, saat konferensi pers, Senin (5/6/2023).

 

Kembali Bertarung di Pilkada DKI

Peneliti LSI Denny JA Ade Mulyana mengatakan hal ini diambil berdasarkan hasil analisa kualitatif. Ade menyebut dengan pengalaman yang dimiliki Anies diperkirakan akan kembali bertarung di Pilkada Gubernur DKI Jakarta jika gagal mendapat tiket capres.

"Jika Anies gagal mendapat tiket capres kemungkinan besar Anies akan bertarung kembali di Pilkada Gubernur DKI pada 2024 sampai 2029. Karena biar bagaimanapun Anies ini punya pengalaman memimpin DKI satu periode," ujar Ade saat konferensi pers, Senin (5/6/2023).

Baca Juga: 4 Menteri Jokowi akan Dikonfirmasi MK Jumat

Selain itu, Anies juga disebut dapat masuk dalam bursa cawapres. Sebab menurut Ade, posisi cawapres saat ini masih belum terlihat jelas.

"Atau bisa juga Anies masuk dalam bursa cawapres. Karena kalau kita lihat untuk cawapres ini masih sangat cair, jadi kalau Anies gagal tiket capres kemungkinan besar dia juga akan masuk radar cawapres," kata Ade.

Namun, dinilai terdapat beberapa pertimbangan yang akan memberatkan jika Anies terpilih sebagai cawapres. Salah satunya adanya potensi matahari kembar antara presiden dan wakil presiden.

 

Baca Juga: Soal Gibran Bisa Cawapres Bukan Prof Yusril, Diperdebatkan di MK

Gedein Anak Macan

"Ada pertimbangan yang memberatkan, yang pertama dia belum tentu bersedia jadi cawapres. Karena Anies 3 besar capres yang potensial, bahkan kalau dia bertarung bisa jadi dia menang," tutur Ade.

"Karena potensi jadi matahari kembar dengan presiden. Jadi dengan kapasitas Anies yang intelektual, punya dukungan yang besar, jadi dia berpotensi jadi matahari jika menjadi cawapres salah satu capres Prabowo Subianto maupun Ganjar Pranowo," sambungnya.

Pertimbangan lain yaitu Anies akan jadi capers kuat di pemilu mendatang jika terpilih sebagai wakil presiden. "Kemudian kekhawatiran kedua jika pasangan Anies terpilih, dia akan jadi capres yang kuat di pemilu mendatang, istilah kita gedein anak macan lah jika jadi wapres yang menang," pungkasnya. n erc/jk/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU