Antisipasi Banjir, Bersihkan Eceng Gondok dengan Garpu Sendok

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 13 Nov 2022 18:48 WIB

Antisipasi Banjir, Bersihkan Eceng Gondok dengan Garpu Sendok

i

Bupati saat terjun langsung bersihkan Enceng gondok. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Upaya untuk meminimalisir terjadinya banjir di Lamongan terus dilakukan. Salah satunya membersihkan Enceng gondok di saluran sungai di Desa Panggang Kecamatan Glagah, dengan Gerakan Perahu untuk Sapu Eceng Gondok (Garpu Sendok), Minggu (13/11/2022).

Garpu Sendok ini seperti disampaikan oleh bupati Yuhronur Efendi, untuk mengurangi Eceng gondok agar aliran air di sepanjang sungai bisa lancar. "Sudah sekitar 2 tahun ini di Dinas PU SDA (Pekerjaan Umum Sumber Daya Air) Lamongan telah melaksanakan Gerakan Perahu untuk Sapu Eceng Gondok (Garpu Sendok)," katanya.

Baca Juga: Bupati Lamongan Berangkatkan 3 Bus Balik Gratis

Disebutkan olehnya Garpu Sendok ini adalah gerakan perahu untuk sapu eceng gondok. "Tahun ini kita targetkan ada 40 km di sepanjang Bengawan Jero. Ada beberapa ruas yang nanti kita lakukan pembersihan eceng gondok dengan perahu, dipecah dan didorong keluar dari Bengawan Jero," terangnya.

Pada prosesnya, Garpu Sendok ini dilaksanakan dengan menggunakan 2 buah perahu dengan jumlah personil 6-8 orang, dan dimulai dari memecah eceng gondok dari hilir ke hulu. Hal ini guna memperlancar arus pembuangan air dari Bengawan Jero menuju Bengawan Solo.

 

Baca Juga: 110 ASN Diambil Sumpah, Bupati Pesan Agar Pelayanan Publik Harus Berkualitas

"Saat ini kita masih terus berproses, dan hari ini tadi kita laksanakan di Desa Panggan ruas Kali Corong. Terus kami lakukan dan kawal gerakan Garpu Sendok ini, dan kami harapkan akan semakin efektif untuk mendorong eceng gondok keluar dari Bengawan Jero dan memperlancar arus pembuangan air," tambahnya.

Plt. Kepala Dinas PU SDA Gunadi mengungkapkan bahwa target 40 km ini direncanakan akan selesai sebelum puncak musim hujan antara Desember-Januari. Terdapat 5 ruas sungai di Bengawan Jero yang masuk dalam target kegiatan Garpu Sendok tersebut.

"Untuk target ada 5 ruas sungai, yakni Kali Blawi, Kali Mengkuli, dan Kali Dapur yang ini hilir pembuangannya di Kuro, dua lagi ada Kali Corong dan Kali Malang. Panggang ini masuk ruas Kali Corong, pelaksanaan dari masing-masing sungai ini dimulai dari hilir ke hulu," kata Gunadi.

Baca Juga: Warga Lamongan Selatan Kini Bisa Nikmati SPAM Mojolagres

Tidak hanya memantau pembersihan eceng gondok, pada kesempatan tersebut Pak Yes juga melihat secara langsung tinggi air di tepian Bengawan Solo, tepatnya di Desa Jatirenggo. Selain itu juga beliau, mencoba kuliner Lamongan udang conggah.

Seluruh kegiatan ini dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan trail dari Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan, dengan rute Gladak Lonjong Glagah, Desa Panggang, Wonorejo, Konang, Warung Conggah, Balai Desa Sambopinggir, dan Desa Mayong. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU