Antisipasi Banjir Tahunan, Gus Yani Inspeksi Pengerjaan Normalisasi Kali Lamong

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 21 Okt 2022 17:00 WIB

Antisipasi Banjir Tahunan, Gus Yani Inspeksi Pengerjaan Normalisasi Kali Lamong

i

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menyusuri Kali Lamong menggunakan perahu karet meninjau pengerjaan pengerukan kali. SP/Grs

SURABAYAPAGI.COM, Gresik - Dua tahun belakang ini penanganan dan pengendalian banjir Kali Lamong merupakan prioritas utama di era pemerintahan Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani. Berbagai upaya pencegahan, pengendalian hingga mitigasi bencana dilakukan sebagai langkah antisipasi bencana banjir tahunan yang melanda wilayah Gresik Selatan.

Hingga kini, Pemkab Gresik terus melakukan berbagai langkah, termasuk normalisasi pelebaran tanggul, mengeruk area sungai yang dangkal hingga penguatan bronjong atau penahan tanggul.

Baca Juga: Pemkab Sidoarjo Normalisasi Sungai Dusun Kramat

Dan untuk memastikan kondisi normalisasi tersebut, Bupati Fandi Akhmad Yani bersama Kepala Dinas PUTR, Kepala Pelaksana BPBD Gresik dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo pada Jumat (21/10) ini melakukan peninjauan dengan menyusuri sungai.

Dengan menggunakan perahu karet, Gus Yani sapaan akrab Bupati Gresik menyusuri sungai Kali Lamong. Ada dua wilayah kecamatan yang ditinjau bupati, yakni Kecamatan Balongpanggang dan  Benjeng. Sejumlah desa di dua kecamatan tersebut terdampak banjir saat Kali Lamong meluap.

Diketahui, desa terdampak banjir di Kecamatan Balongpanggang yakni Desa Dapet, Banjaragung, Wotansari, Karangsemanding, Sekarputih dan Pucung.

Sementara di Kecamatan Benjeng, desa terdampak meliputi Desa Lundo, Sedapurklagen, Gluranploso, Deliksumber, Bangkelolor, Munggugianti, Kedungrukem dan juga Bulurejo.

Baca Juga: Pemkab Gresik Mulai Salurkan Bansos di 18 Kecamatan

Dalam keterangannya, Gus Yani mengatakan bahwa pihaknya turun langsung menyusuri area sungai guna memastikan kondisi terkini. Ditambah lagi saat ini sudah memasuki musim hujan, maka upaya pencegahan harus lebih intens.

"Kita melihat langsung kondisi terkini. Berbagai upaya seperti normalisasi juga sudah kita lakukan. Area sungai yang sempit, sudah kita lebarkan dan area sungai yang dangkal juga sudah kita keruk. Disisi lain, kita juga harus tahu tingkat kerawanan di masing-masing wilayah," katanya.

Kendati demikian, lanjut Gus Yani, disamping upaya pengendalian dan pencegahan, menurutnya mitigasi bencana juga merupakan hal yang tak kalah penting. Ia menilai bahwa sinergitas antara Pemkab Gresik dan BBWS sangat baik untuk bersama-sama dalam pengendalian banjir Kali Lamong.

Baca Juga: Gresik Raih Tiga Penghargaan Dalam Top BUMD Awards 2024

"Mengingat waktu yang dibutuhkan untuk normalisasi ini cukup panjang, kami mempunyai komitmen akan terus melakukan normalisasi, meskipun secara bertahap," katanya.

Ia berharap dari upaya yang dilakukan oleh Pemkab Gresik hingga saat ini, mampu mengurangi dampak banjir tahunan yang menghantui masyarakat Gresik Selatan.

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU