Antisipasi Bencana, Pemkab Lamongan Tanam 2.700 Bambu

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 30 Mei 2022 15:54 WIB

Antisipasi Bencana, Pemkab Lamongan Tanam 2.700 Bambu

i

Bupati saat menanam pohon bambu di Bantaran Sungai Blawi Karangbinangun Lamongan. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Upaya untuk meminimalisir ancaman bencana di Lamongan terus dilakukan oleh Pemkab melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), salah satunya dengan menanam pohon bambu secara serentak di wilayah yang kerap dilanda bencana, Senin (30/5/2022).

Ada sekitar 2.700 pohon bambu yang ditanam dalam rangkaian kegiatan Hari Jadi Lamongan ke 453 tahun di dua Kecamatan yang dilewati bantaran sungai daerah irigasi maupun Bengawan Solo.

Baca Juga: Atasan dan Bawahan Ini Saling Berhadapan, "Partai" ASN Akhirnya Terbelah

Bupati Yuhronur Efendi  menyebutkan, pemilihan bambu ini karena berbagai manfaat yang dimiliki, selain mampu dijadikan sebagai kerajinan dan bahan bangunan, juga mampu menyerap karbon dioksida dan air. “Jadi bambu ini tidak hanya bermanfaat untuk lingkungan saja tapi banyak manfaat-manfaat lain, juga termasuk untuk tanaman hias," ujarnya. 

Selain itu kata bupati, bambu ini selain bisa menyerap karbon dioksida juga mampu menyerap air, ada sebanyak 5000 liter air yang dapat diserap oleh serumpun bambu, sehingga kekuatan akarnya ini bisa juga membantu kita untuk menyimpan air sekaligus menyelamatkan air. "Kemudian 50 ton karbon dioksida dapat diserap setiap 1 hektar dalam setiap tahun, serta mampu menghasilkan oksigen 35 persen lebih cepat dari pohon-pohon yang lain,” terangnya.

Baca Juga: BPBD Kota Batu Canangkan Pembentukan Wisata Tangguh Bencana

Ditambahkan dia bahwa 1 pohon bambu dapat menyiapkan pernafasan untuk 2 orang. Oleh karena itu, menurut beliau bambu merupakan tanaman yang cocok untuk dipilih sebagai tanaman rehabilitasi lahan rawan bencana.

“Sudah kita mulai beberapa tahun yang lalu, kalau kita lihat dari manfaat bambu ini memang sangat sungguh luar biasa. Sehingga kita terus galakkan untuk penanaman pohon, dengan lebih kita utamakan penanaman bambu ini di daerah-daerah yang rawan longsor dan daerah yang rawan bencana,” tambahnya.

Baca Juga: Posko Siaga Bencana Lebaran Ditutup, BPBD Jatim Catat 14 Banjir, 6 Longsor, dan 5 Angin Kencang

Dilaporkan Kepala BPBD Lamongan Gunadi, bahwa penanaman pohon ini telah dilakukan sejak Jum’at (27/5) dengan jumlah total 2.700 pohon dengan rincian 1.500 pohon di bantaran sungai Plalangan Desa Ploso Lebak dan Desa Balun Kecamatan Turi, 1.000 pohon di bantaran kali Blawi Karangbinangun, dan 200 pohon direncanakan akan ditanam di Desa Ketapangtelu Karangbinangun.

“Tujuan dilaksanakannya penanaman pohon ini adalah sebagai upaya rehabilitasi dan perbaikan lahan rawan bencana,  untuk memasyarakatkan pohon bambu dengan berbagai jenis dan fungsi seperti rehab lahan dan konservasi juga produksi oksigen, juga untuk mengedukasi siswa tentang pentingnya pohon bambu untuk mitigasi,”ujarnya. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU