Antisipasi Luberan Sungai, SDA Semboro Bersih Sungai

Pegawai SDA Semboro membersihkan tanah wallet di sungai Afur. SP/Nyot

SURABAYAPAGI.COM, Jember - Pegawai Sumberdaya Air, (SDA) kecamatan Semboro, Kabupaten Jember pada Jum'at, (5/3/2021) pagi melakukan kegiatan bersih Tanah Walet yang berada di Sungai Afur Bondoyudo yang berada di Desa Sidomekar.

Sungai yang berjarak 10 kilo dengan lebar 5 meter dari sungai utama dan melewati Desa Sidomekar hingga Desa Paleran tersebut dibersihkan dengan cara manual yaitu dengan cara mencangkul agar tidak terjadi pendangkalan.

"Kegiatan hari ini adalah bersih sungai dari pendangkalan agar di musim hujan ini tidak terjadi luberan dan sebabkan banjir di kawasan sepanjang sungai yang dilewati aliran sungai Afur Bondoyudo" ujar Roy.

Roy salah satu pegawai Sumber daya air juga mengungkapkan jika kegiatan hari ini adalah agenda rutin dan jarak yang dibersihkan untuk hari ini sejauh 1 kilometer.

Terpisah Puji Nuwahyu warga sekitar yang rumahnya dekat sungai yang dibersihkan juga mengatakan, "Alhamdulillah sungai dibersihkan dari pendangkalan oleh teman teman pengairan semoga Semboro tidak terjadi banjir seperti tempat lain di kabupaten Jember. Kegiatan ini sangat luar biasa dan patut di apresiasi," pungkasnya. Nyot