Antusiasme Tinggi, 1.250 Undangan Upacara Peringatan HUT ke-77 RI di Gedung Negara Grahadi Habis Ludes

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 08 Agu 2022 15:18 WIB

Antusiasme Tinggi, 1.250  Undangan Upacara Peringatan HUT ke-77 RI di Gedung Negara Grahadi Habis Ludes

i

Gedung Negara Grahadi Surabaya

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya – Sebanyak 1.250 kuota undangan upacara peringatan HUT ke-77 RI di Gedung Negara Grahadi ludes habis dalam waktu kurang dari 12 jam.  Pendaftaran via online tersebut dibuka pada Minggu (7/8) pukul 00.01 WIB dan ditutup pada Minggu pukul 12.00 WIB karena kuota sudah terpenuhi akibat antusiasme masyarakat Jawa Timur (Jatim) yang begitu tinggi.

Khofifah Indar Parawansa Gubermur Jatim menyampaikan, total 1.250 undangan tersebut terbagi dengan perincian 500 orang mendapat kesempatan mengikuti upacara detik-detik Proklamasi mulai pukul 08.00 WIB dan 750 orang boleh mengikuti upacara penurunan bendera Merah Putih mulai pukul 15.00 WIB.

Baca Juga: Penonton Membludak, Pemkot Mojokerto Sukses Gelar Pawai Pembangunan

Menurut Khofifah, tingginya animo masyarakat mengikuti upacara HUT RI mencerminkan tingginya nasionalisme dan kecintaan pada Tanah Air.

“Animo masyarakat begitu tinggi sehingga kuota bisa terpenuhi dalam setengah hari saja. Ini menunjukkan semangat mereka yang luar biasa untuk menyambut momentum Hari Kemerdekaan Republik Indonesia,” ucap Khofifah sesaat setelah kuota terpenuhi, Minggu (7/8/2022).

Sang Gubernur mengaku tidak sabar menyambut warga yang hendak mengikuti upacara HUT RI di Gedung Negara Grahadi. Ia menuturkan upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 ini tidak akan menjadi sekadar upacara biasa, melainkan juga menjadi pertemuan dan ajang silaturahmi yang berharga pasca pandemi Covid-19.

“Gedung Negara Grahadi ini adalah rumah rakyat yang memang milik warga Jatim. Maka ayo jadikan Kemerdekaan RI tahun ini sebagai ajang silaturahmi yang memperkuat keguyuban, persaudaraan, persatuan, dan kesatuan,” kata Khofifah.

Undangan fisik dapat diambil di Kantor Biro Administrasi Pimpinan di lantai 7 Kantor Gubernur Jatim, Jl. Pahlawan no. 110 Surabaya bagi masyarakat yang telah mendaftar dan berdomisili di kawasan Gerbang Kertasusila (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan, dan Jombang),

Baca Juga: Mahardika Indonesia, Meriahnya Resepsi HUT ke-78 RI di Kota Mojokerto

Pendaftar wajib menunjukkan wajib menunjukkan KTP asli dan bukti cetak e-tiket. Sementara untuk pendaftar yang tinggal di luar kawasan tersebut akan menerima undangan fisik secara langsung pada alamat yang telah mereka daftarkan

Di tengah antusiasme yang begitu besar, Khofifah tetap berpesan agar masyarakat yang telah terdaftar mematuhi peraturan yang sudah tertera dalam undangan. Yakni menjaga protokol kesehatan dan memakai pakaian yang telah ditetapkan.

 “Seperti yang sudah dicantumkan di pengumuman, untuk tamu laki-laki harus memakai batik lengan panjang. Sedangkan untuk perempuan, cukup memakai pakaian yang sopan. Dan jangan telat datang,” pesannya.

Baca Juga: Polres Blitar Kota Tanam Pohon Secara Serentak dalam Rangka Peringati HUT Kemerdekaan RI Ke-78

Bagi undangan yang mengikuti kedua prosesi upacara tersebut, akan menerima e-sertifikat dan goodie bag dari Gubernur Jawa Timur.

Mantan Menteri Sosial RI itu membesarkan hati warga yang kehabisan kuota undangan. Sebab menurutnya, masih banyak hal yang dapat dilakukan untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan RI. "Bagi yang belum beruntung, mohon bersabar. Karena memaknai kemerdekaan itu bukan sekedar ikut upacara dan menyaksikan pengibaran bendera," kata dia.

"Banyak yang bisa dilakukan untuk memeriahkan. Seperti menjaga harmoni , saling menghormati dan saling menghargai  antar warga juga bagian untuk menjaga kemerdekaan ini," tutup Khofifah. sb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU