Apotek di Ponorogo Kekurangan Stok Obat dan Vitamin

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 02 Agu 2021 18:32 WIB

Apotek di Ponorogo Kekurangan Stok Obat dan Vitamin

i

Warga menyerbu sejumlah apotek untuk membeli obat-obatan dan multivitamin yang membuat pasokaan obat dan vitamin menjadi minim.

SURABAYAPAGI.COM, Ponorogo - Sejak penerapan PPKM Darurat dalam beberapa pekan terakhir, sejumlah apotek swasta di Ponorogo mengaku kekurangan stok vitamin dan obat, terutama obat antivirus.

Salah satu penanggung jawab apotek di Ponorogo, Endang Purwanti menyebut, permintaan obat dan vitamin di Ponorogo sangat tinggi.

Baca Juga: Bapanas Pastikan Kebutuhan Bahan Pokok Aman hingga Lebaran

Namun hal tersebut tidak diimbangi dengan distribusi obat yang justru macet.

"Jadi permintaannya tinggi, tapi kita tidak bisa memenuhi karena stoknya terbatas," kata Endang, Senin (2/8/2021).

Oleh karena itu, jika ada konsumen yang menginginkan obat antivirus, pihaknya hanya melayani dengan jumlah yang terbatas.

"Tidak bisa semaunya mau beli berapa. Tetap kita batasi 5 tablet," kata Endang.

"Begitu juga dengan sejumlah merek vitamin yang sering kehabisan. Jadi orang-orang itu kan ada yang pengennya merek ini, merek yang lain tidak mau," lanjutnya.

Baca Juga: Pasar Murah di Kodim Ponorogo Diserbu Warga

Hal berbeda terjadi di Apotek Kimia Farma. Stok obat dan vitamin di apotek pelat merah ini aman.

"Ready stoknya, seperti Favipiravir, Avicov, dan Ivermectin. Untuk Azithomycin kosong soalnya masih nunggu pengiriman dari distributor. Karena harus inden dulu," ujar Apoteker Penanggung Jawab Apotik Kimia Farma Jalan Jendral Sudirman Kota Ponorogo, Meirinta Setya Kumalasari.

Meirinta juga memastikan, tidak ada lonjakan harga pada obat antivirus di Kimia Farma.

Pasalnya, dalam menjual obat, ritel farmasi terbesar di Indonesia ini mengacu pada Keputusan Menteri Kesehatan nomor: HK.01.07/MENKES/4826/2021 tentang Harga Eceran Tertinggi (HET) obat dalam masa pandemi covid-19 (virus Corona). 

Baca Juga: Sopir Mengantuk, Truk Tabrak Teras Rumah Warga

Dimana Favipiravir 200 mg (Tablet) Rp 22.500, Ivermectin 12mg sebesar Rp 7.500 per tablet. Azithromycin 500mg Rp 1.700 per tablet.

"Untuk harga mengacu pada HET Kemenkes karena kita setiap hari update data ke sana. Untuk batasan tidak ada, karena sesuai resep dokter," pungkasnya. 

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU