Arek Suroboyo Siap Bawa 'Komodo' di Miss Universe 2021

Rr Ayu Maulida Putri, Puteri Indonesia 2020 asal Surabaya yang akan berpartisipasi mewakili Indonesia dalam Miss Universe 2021

 

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Indonesia akhirnya memastikan partisipasinya di ajang kecantikan internasional Miss Universe 2020 yang akan digelar pada Mei 2021 di Florida, Amerika Serikat (AS). Puteri Indonesia 2020 asal Surabaya, Rr Ayu Maulida Putri siap membawa nama Indonesia dan tentunya Surabaya.

Di tahun ini, Ayu Maulida yang akrab disapa Ayuma, akan bersaing dengan 72 finalis dari negara lainnya dalam karantina Miss Universe 2020. Karantina itu dimulai 6 Mei 2021 mendatang hingga malam puncak Grand Final pada 16 Mei 2021 waktu AS.

Di ajang Miss Universe 2020, Ayuma akan memperagakan beberapa busana hasil karya desainer ternama Indonesia. Yang paling ditunggu tentunya busana kostum nasional atau national costume yang akan dikenakan wanita berusia 23 tahun lulusan Fakultas Hukum Universitas Airlangga Surabaya itu di ajang bergengsi tersebut.

Dalam konferensi pers ‘Puteri Indonesia 2020, Goes To The 69th Miss Universe’ yang diadakan di Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta Selatan, kostum nasional yang akan dibawakan Ayuma di ajang Miss Universe 2020 yaitu bertema komodo.

Kostum tersebut memiliki detail berwarna hitam, putih, dan merah di bagian leher serta aksesori buatan berbentuk kepala komodo. Pakaian tersebut juga dibuat menyerupai seperti kulit komodo dan memiliki belahan tinggi di bagian depan. Kostum ini dirancang oleh Diana M Putri yang berkolaborasi dengan Yuling Hoo and Silvy Prajogo dari Le Ciel Design.

Untuk kostum tersebut, Diana M Putri memakai payet tiga dimensi berwarna hitam dan emas agar teksturnya menyerupai kulit komodo dan nada buntut sepanjang dua meter. Kostum ini juga menghadirkan aspek robotik lewat permainan lampu merah yang berkedip dan berkilauan di sekitar bahu.

"Kostum ini juga terbuat dari potongan logam, kalau nggak salah jumlahnya ada lima rbu keeping. Total beratnya sekitar 20 kilogram. Yang cukup berat itu buntutnya karena lumayan panjang. Kalau memakainya nggak begitu lama, sekitar 20 menit, dan aku sudah mencoba memakainya sendiri beberapa kali," terang Ayu Maulida.

Kenapa menggunakan tema Komodo, tambah Ayuma, karena hewan khas Indonesia saat ini populasinya semakin langka. "Jadi kita berharap kostum ini bisa membangkitkan kesadaran kita agar lebih peduli pada kelestarian alam kita sekaligus memperkenalkan keunikan Indonesia kepada dunia," terang Ketua Dewan Penasehat Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani.

Selain kostum nasional. Rr Ayu Maulida Putri juga menampilkan tiga busana lainnya yang akan dikenakan di Miss Universe 2020. Yang pertama, ia memakai gaun rancangan Sebastian Gunawan dengan judul "Black Orchid Flower" yang terkesan anggun. Gaun kedua merupakan karya Diana M. Putri dan rencananya akan dikenakan untuk evening gown di preliminary Miss Universe 2020. Gaun ketiga yang akan dikenakan Ayuma merupakan hasil karya Anne Avantie. Gaun bernama Nareswari itu terdiri dari kebaya berwarna merah serta batik parang. sur/cr2/rmc