Arus Mudik, Pemerintah Siapkan Random Test dan Mandatory Check Covid

author surabayapagi.com

- Pewarta

Sabtu, 15 Mei 2021 18:29 WIB

Arus Mudik, Pemerintah Siapkan Random Test dan Mandatory Check Covid

i

Suasana jelang arus mudik lebaran 2021. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Menjelang mobilitas arus mudik pascalibur lebaran, pemerintah mengambil kebijakan random test Covid-19 dan mandatory check Covid-19 untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya lonjakan kasus positif Covid-19. Keputusan tersebut merupakan hasil koordinasi antarinstansi pusat dan daerah.

Kebijakan random test Covid-19 dan mandatory check Covid-19 akan diberlakukan mulai Sabtu (15/5/2021) atas dokumen rapid test-PCR, swab-test antigen dan GeNose di Pelabuhan Bakauheni bagi semua pelaku perjalanan. Hal itu sesuai Surat Edaran 13/2021.  

Baca Juga: Jelang Lebaran, Disnakertrans Jatim Buka 54 Posko Pengaduan THR

Menanggapi hal tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sebagai Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) menjelaskan, random test diperuntukkan bagi perjalanan dari beberapa provinsi di Pulau Jawa menuju Jakarta. Sedangkan mandatory check untuk perjalanan dari Sumatra menuju ke Jawa dan Jakarta.

Baca Juga: 232.776 Orang Pesan Tiket KA Angkutan Lebaran 2024

"Kebijakan itu diberlakukan mulai hari ini 15 Mei 2021," ujar Airlangga dalam konferensi pers virtual, Sabtu (15/5/2021).

Baca Juga: Gelontorkan Rp 15,3 Miliar untuk Subsidi Tiket Kapal, Kemenhub: Tahun Ini Ada Kenaikan

Mandatory check Covid-19 diterapkan bagi arus balik dari wilayah di Pulau Sumatra ke Jakarta melalui penyeberangan Bakauheni-Merak. Kemudian akan dilakukan di Pelabuhan Penyebrangan Bakauheni, Lampung.

Lalu penerapan random test Covid-19 dilakukan untuk arus pergerakan masyarakat dari Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Barat menuju Jakarta. Baik melalui Jalan Tol maupun Jalan Nasional.

Pengecekan random test Covid-19 dengan rapid test antigen ada di sekitar 21 lokasi titik pengecekan di seluruh Provinsi yang ada di Pulau Jawa menuju Jakarta. Random test di Jalan Tol dilakukan di 21 lokasi titik pengecekan dan terbagi dalam dua kelompok.

Kelompok pertama, bagi Jalan Tol Trans-Jawa yang dikelola Jasa Marga (dari Timur menuju Jakarta) terdapat 18 lokasi: (a) 13 lokasi di Rest-Area Jalan Tol; (b) 4 lokasi di Pintu Masuk Tol Utama; (c) 1 lokasi di eks Gerbang Tol Cikarang Utama KM.31. Kelompok kedua, bagi Jalan Tol Jakarta-Merak (dari Barat menuju Jakarta) terdapat 3 lokasi: (a) 2 lokasi di Rest-Area KM.45 dan KM.68; (b) 1 lokasi di Pintu Masuk Tol Cikupa. Dsy1

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU