ASDP Cabang Surabaya Terapkan E-ticketing Sistem Berbasis Manifest

Caption: Barcode e-ticketing penumpang.SP/ MAHBUB FIKRIĀ 

SURABAYAPAGI,Surabaya - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) cabang Surabaya mulai menerapkan e-ticketing sistem berbasis manifest di pelabuhan Ujung dan pelabuhan Kamal.

Manager Usaha PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Surabaya Eva Mardiany menyampaikan, penerapan e-ticketing tersebut sudah mulai dilakukan sejak minggu pertama bulan Januari 2021.

"Kita sudah go live sejak 8 Januari kemarin," kata Eva Mardiany, Minggu (24/01/2021).

E-ticketing sistem berbasis manifest tersebut dikonversikan dalam bentuk barcode. Setiap penumpang yang mendaftarkan diri di loket pelabuhan Kamal dan Ujung akan diberikan barcode yang berisikan data diri penumpang.

"Data terkait identitas diri, mulai dari nama, nomor KTP, jenis kelamin, nomor telepon dan bagi yang membawa kendaraan akan dicatat plat nomornya juga," katanya.

"Data yang masuk akan otomatis terdaftar. Jadi setiap kali penumpang datang harus bawa barcode itu nanti di scan petugas dan datanya akan muncul," tambahnya

Selain pendaftaran melalui pelabuhan, Eva mengaku penumpang dapat melakukan pendaftaran melalui aplikasi android.

"Sudah ada di playstore nama aplikasinya ASDP Seru," katanya.

Pihak ASDP juga menyediakan fitur pembayaran tiket secara non-tunai. Hingga saat ini telah ada beberapa pembayaran non tunai yang dilayani pihak ASDP salah satunya adalah Brizzi BRI.

"Ada juga dari Mandiri, BNI dan flazz bulan depan sudah bisa digunakan," terangnya.

Dengan adanya sistem e-ticketing tersebut, Eva berharap dapat mengurangi kerumunan pembelian tiket di Pelabuhan Ujung dan Kamal. 

"Sehingga kita juga dapat membantu pemerintah dalam memutus mata rantai covid-19 dengan mengurangi kerumunan," tambahnya.sem