ASEAN Para Games 2022 Segera Dimulai, Kontingen Negara Peserta Telah Berdatangan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 27 Jul 2022 11:36 WIB

ASEAN Para Games 2022 Segera Dimulai, Kontingen Negara Peserta Telah Berdatangan

i

ASEAN Para Games 2022

SURABAYAPAGI.COM, Solo - Sebagian besar rombongan kontingen peserta ASEAN Para Games 2022 dilaporkan telah tiba di Solo, Jawa Tengah, melalui Bandara Internasional Adi Soemarmo, pada Selasa (26/7/2022).

Gerrie Razzaq selaku Legal, Compliance, and Stakeholder Relation Manager Bandara Adi Soemarmo melaporkan jumlah atlet dan ofisial ASEAN Para Games 2022 yang tiba di Solo pada Selasa (26/7/2022) mencapai angka 1.279 orang. Angka tersebut merupakan gabungan dari beberapa kontingen negara peserta, yakni Myanmar, Filipina, Malaysia, Vietnam, Thailand, Kamboja, dan Timor Leste

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Resmi Tutup ASEAN Para Games ke-11 Tahun 2022

Gibran Rakabuming selaku Wali Kota Surakarta yang juga Ketua Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) mengatakan, peserta ASEAN Para Games mulai berdatangan pada Selasa dari pagi hingga sore. Kontingen Myanmar menjadi negara pertama yang tiba di Bandara Adi Soemarmo Solo pada pukul 08.45 WIB disusul kontingen negara-negara lain.

“Hampir semua hari ini datang. Pagi Kontingen Myanmar, terus jam 12.00 sampai magrib datang hampir berbarengan Thailand, Malaysia dan lain-lain,” ujarnya.

Dinas Pariwisata Kota Surakarta dan pihak Bandara Adi Soemarmo menyambut kedatangan atlet dan ofisial ASEAN Para Games 2022 itu dengan alunan gamelan dan tarian tradisional. Begitu tiba di bandara itu, kontingen Myanmar, disusul Filipina, Malaysia, Vietnam, Thailand, Kamboja dan Timor Leste, disambut tarian merak dan gamelan Jawa.

Menurut Legal, Compliance and Stakeholder Relation Manager Bandara Adi Soemarmo Gerrie Razzaq, kontingen Laos sudah tiba sehari sebelumnya. Gerrie juga menambahkan kontingen Brunei Darussalam dilaporkan akan tiba pada hari ini, rabu (27/07/2022).

"Untuk kontingen Brunei Darussalam akan tiba di Bandara Adi Soemarmo pada Rabu (27/7) sekitar pukul 14.01 WIB. Brunei dari data penumpang akan mengirimkan 22 atlet," kata Gerrie di Solo, Selasa (26/7/2022).

Baca Juga: ASEAN Para Games 2022, Atlet Jatim Sumbang Tambahan 6 Emas, 1 Perak, dan 2 Perunggu

Sejumlah atlet ASEAN Para Games 2022 dari Filipina didampingi petugas PT Angkasa Pura II bersiap pindah pesawat untuk melanjutkan penerbangan ke Solo di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (26/7/2022).

Setibanya di bandara, para atlet dibagi ke dalam dua jalur, yakni kursi roda dan non-kursi roda untuk kemudian di titik yang sama di ruang kedatangan internasional. Para atlet kemudian didata oleh Tim INASPOC dan kemudian diantarkan ke hotel masing-masing sesuai cabang olahraga yang diikuti dengan menggunakan 130 kendaraan.

Hotel Magalend Solo dan Aston untuk atlet dan ofisial panahan, Hotel Swiss Bel Saripetojo dan Haris (atletik), Lor In (bulu tangkis), Alana (boccia), Lor In Dwangsa (catur), Novotel (CP football), Hotel Paragon (tenis lapangan dan angkat berat), Hotel Sunan (tenis meja), Kusuma Sahid (bola basket), Sahid Jaya (goalball), Grand Hap (judo), Royal Heritage dan Swiss Bel Gilingan (voli duduk), Solia Zigna Laweyan (classifier), Haris dan Arus Semarang (renang).

Baca Juga: Kesehatan Membaik, Atlet ASEAN Para Games 2022 yang Terpapar Covid-19 Tersisa Tinggal 4 Orang

Pelatih tenis meja Malaysia, Saqirin (37), mengatakan persiapan kontingennya berjalan lancar, sementara para atlet tidak pernah berhenti menyiapkan diri sebelum menuju ASEAN Para Games di Solo ini.

"Sebelum pandemi COVID-19 kami sudah mempersiapkan diri dan hingga kini tidak pernah berhenti latihan," kata Saqirin seraya menyatakan Malaysia mengirimkan tiga atlet dan tidak memasang target.

Ajang ASEAN Para Games 2022 ini sendiri akan berlangsung di Solo, Jawa Tengah pada 30 Juli-6 Agustus 2022 mendatang dan diikuti berbagai negara seperti Thailand, Malaysia, Filipina, Singapura, Kamboja, Myanmar, Timor Leste, Brunei, Laos, Vietnam, dan tuan rumah Indonesia. sl

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU