Aset Negara Jadi Medium Kampanye, Poster Cabup Pertahana Faida di Tutup

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 04 Okt 2020 14:00 WIB

Aset Negara Jadi Medium Kampanye, Poster Cabup Pertahana Faida di Tutup

i

Plt Bupati Jember Abdul Muqit Arief didampingi Bawaslu Jember menyaksikan penutupan gambar calon bupati petahana Faida. SP/ JT

SURABAYAPAGI.com, Jember - Plt Bupati Jember Abdul Muqit Arief bersama Bawaslu Jember menutup wajah Faida yang menempel di seluruh ambulan desa (ambudes) yang dianggap sebagai citra diri pada masa kampanye. Poster yang ditempel tersebut mengandung unsur polemik yang berkaitan dengan foto calon bupati petahana Faida di setiap sudut fasilitas negara.

Menanggapi hal tersebut Abdul Muqit mengatakan bahwa gambar Faida berseragam bupati akhir nya ditutup menggunakan stiker dengan lambang Pemkab Jember. Terlebih yang menempel di mobil ambudes yang jumlahnya mencapai 248 unit.

Baca Juga: Puluhan Warga di Jember Diduga Keracunan Takjil Massal yang Dibagi-bagikan di Jalan

"Yang menjadi sorotan masyarakat adalah gambar-gambar, terutama sekali yang ada di ambulan desa. Karena menyangkut aset, maka Pemkab Jember mengundang Bawaslu Jember akan bersama memastikan gambar dan alat peraga kampanye ditertibkan," ujar Abdul Muqiet

Terkait adanya isu penolakan penutupan dari sopir ambudes yang loyal kepada petahana, Plt Abdul Muqit menegaskan, hal itu tidak akan terjadi. Ia menyatakan, semua aparatur sipil negara (ASN) termasuk sopir ambudes akan mengikuti aturan dan bersedia menertibkan foto citra diri petahana karena sudah kesepakatan bersama. 

"Saya kira tidak ada seperti itu (penolakan). Kita satu komando semua," ucap pengasuh Ponpes Al-Falah itu yang berjanji akan menertibkan foto citra diri petahana yang berada di fasilitas negara dalam waktu 3 hari. 

Baca Juga: Takut Tersaingi di Pilbup, Sejumlah Oknum Rusak Gambar Gus Fawait di Jember

Di lokasi penertiban tidak semua ambudes bisa didatangkan. Abdul Muqit menyebut, baru bisa mendatangkan 30 unit kendaraan dari ratusan ambudes tersebut karena aset pemkab ini merupakan mobil yang vital untuk melayani masyarakat dalam bidang kesehatan sehingga harus ada yang siaga di desa.

Sementara, Andika Firmansyah anggota Bawaslu Jember, menyampaikan, penertiban foto citra diri calon bupati petahana Faida telah memiliki landasan hukum. Penertiban akan dilakukan di sejumlah fasilitas negara seperti ambudes, ambulan kecamatan, bus pariwisata, bus perpustakaan, mobil dinas, dan sejumlah tempat milik negara.

Baca Juga: Pedagang Domba dan Sapi seluruh Jember dukung Gus Fawait Maju Calon Bupati

Andika mengapresiasi upaya Bawaslu melakukan penertiban mendapat dukungan Plt Bupati Jember. Jika ke depan masih ditemukan adanya alat peraga kampanye yang berada di fasilitas negara, kata Andika, Bawaslu akan segera melakukan koordinasi, terutama dengan Sat Pol PP Pemkab Jember untuk penertiban. Dsy11

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU