Home / Peristiwa : 40 Hari Tragedi Kanjuruhan

ASN Diminta Berpakaian Serba Hitam dan Kibarkan Bendera Setengah Tiang

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 09 Nov 2022 19:56 WIB

ASN Diminta Berpakaian Serba Hitam dan Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SURABAYAPAGI.COM, Malang - Aparatur Sipil Negara (ASN) dan jajaran pegawai di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Malang diinstruksikan untuk mengenakan pakaian nuansa serba hitam, mulai Rabu-Kamis (9-10/11/2022). Hal itu dilakukan sebagai bentuk empati kepada korban Tragedi Kanjuruhan.

Instruksi itu dibagikan Wali Kota Malang Drs Sutiaji melalui akun Instagramnya @sam.sutiaji. Menurut Sutiaji, selain bentuk duka cita, aksi ini harapannya juga mendorong agar tragedi yang menewaskan 135 korban tersebut segera diusut tuntas. 

Baca Juga: Inginkan Hasil Maksimal, Relawan Gibran Center Lamongan Gelar Doa Bersama

Orang nomor satu di Pemkot Malang itu meminta agar semua mengenang dan mendoakan para korban Tragedi Kanjuruhan. 

"Kita kenang mereka yang telah pergi, kita doakan semoga diampuni segala dosa, diterima segala amalan kebaikan, semoga khusnul khotimah dan mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT. Al Fatihah," tutup tulisan Sutiaji.  

Baca Juga: Peringatan Haul Desa Kedungsugo, Ribuan Warga Gelar Shalawat dan Doa Bersama

Selain instruksi pada ASN berpakaian serba hitam, dalam peringatan 40 hari tragedi Kanjuruhan juga dilakukan pengibaran bendera Merah Putih setengah tiang.

Ratusan bendera Merah Putih berkibar setengah tiang di luar Stadion Kanjuruhan. Pemasangan bendera setengah tiang untuk memperingati 40 hari Tragedi Kanjuruhan.

Baca Juga: Ribuan Warga Jombang dan Lintas Agama Doa Bersama untuk Palestina

Tiang bendera diletakkan berjajar di halaman luar stadion Kanjuruhan. Pada bagian bawah tiang bendera diikat dengan ban bekas, supaya dapat tetap berkibar di momen 40 hari insiden Kanjuruhan.

Jumlah bendera Merah Putih yang dikibarkan setengah tiang itu sebanyak 135. Ini sesuai dengan jumlah korban meninggal di tragedi Kanjuruhan malam 1 Oktober 2022 lalu.

"Pemasangan bendera merupakan inisiatif Aremania, jumlahnya 135 bendera Merah Putih. Ini masa berkabung bagi kami, dan ini momen 40 hari Tragedi Kanjuruhan," ujar Teguh Gondrong, panitia doa bersama 40 hari kepada wartawan di Stadion Kanjuruhan, Rabu (9/11/2022).

Teguh mengatakan pengibaran bendera setengah tiang bukan hanya di area stadion Kanjuruhan, melainkan juga dilakukan serempak di wilayah Kecamatan Kepanjen.

Malam nanti (Rabu 9/11) doa bersama akan digelar di luar stadion Kanjuruhan untuk memperingati 40 hari Tragedi Kanjuruhan. Teguh menyebut sejumlah perwakilan suporter dari daerah lain menyatakan akan hadir untuk ikut doa bersama malam nanti.

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU