Atasi Covid-19, Pramuka di Surabaya Diminta Terjun ke Masyarakat

Kwartir Cabang Pramuka Pramuka Surabaya Periode 2021–2026 menggelar rapat virtual terkait program kerja terdekat khususnya penanganan COVID-19 pada Minggu (8/8/2021). SP/ANT/Humas Pemkot Surabaya

 

SURABAYAPAGI, Surabaya - Upaya membantu pemerintah mengatasi pandemi COVID-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya meminta Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Surabaya, untuk terjun ke masyarakat.

Wakil Wali Kota Surabaya Armuji mengatakan,  beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan dan akan dilakukan adalah bakti sosial di rumah sehat, donor darah, vaksinasi, pelantikan pengurus kwarcab, baksos warga terdampak COVID-19 bagi warga pramuka dan doa bersama lintas agama. 

"Ini adalah awal yang baik untuk membawa gerakan Pramuka Surabaya mencapai prestasi terbaik dan tentunya mendapatkan tempat terbaik di hati warga kota Surabaya," katanya. Senin(9/8).

Menurut dia, upaya percepatan penanganan pandemi COVID-19 di Surabaya membutuhkan kerja sama dan gotong royong dari semua pihak, termasuk Gerakan Pramuka. 

Sebagaimana diketahui dalam UU Nomor 12 Tahun 2020 disebutkan bahwa tujuan gerakan Pramuka adalah membentuk setiap anggota Pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, dan beraklak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, dan munjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa.

Dari tujuan pramuka tersebut telah jelas dapat ditangkap maknya bahwa  Gerakan Pramuka adalah sebuah kawah candradimuka pembentukan karakter  generasi milenial Indonesia yang beralandaskan Pancasila.

Pada masa pandemi ini, lanjut Armuji, gerakan pramuka dibutuhkan dalam memberikan pencerahan kepada publik agar laju gerak COVID-19 bisa dicegah. Beberapa pencerahan bisa dilakukan dengan mengampanyaken hidup sehat, memakai masker, mematuhi protokol kesehatan, menghindari kerumunan, dan sebagainya."Ada nilai-nilai gotong-royong, peduli sesama, perilaku hidup sehat dan bersih," ujarnya.

Ketua Harian Gerakan Pramuka Kwarcab Surabaya Siti Mariyam mengatakan, Gerakan Pramuka siap hadir di tengah masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19."Secara konkrit, dengan melaksanakan disinfeksi, disiplin penerapan protokol kesehatan dan kegiatan-kegiatan yang sifatnya kemanusiaan," katanya.

Selain itu, Siti Maryam mengatakan pengurus baru Kwartir Cabang Pramuka Pramuka Surabaya Periode 2021–2026 telah menggelar rapat virtual terkait program kerja terdekat khususnya penanganan COVID-19 pada Minggu (8/8). "Dengan Komposisi pengurus yang baru ini bisa menjadi semangat bagi Pramuka untuk lebih maju lagi," ujar Siti Maryam.sb2/na