Atlet dan Official Porprov Lamongan Diberangkatkan, Dibekali BPJS Ketenagakerjaan

Bupati didampingi Kacab BPJS Ketenagakerjaan menyerahkan BPJS ke perwakilan atlet. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Sebanyak 340 dari 357 atlet dan official Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke VII, Kabupaten Lamongan, dalam ajang dua tahunan ini, dibekali dengan asuransi BPJS Ketenagakerjaan, sebagai komitmen Pemkab dan KONI memberikan jaminan keselamatan, kenyamanan, ketenangan, dan energi untuk meraih prestasi.

"BPJS Ketenagakerjaan diberikan kepada atlet dan official, agar dalam bertanding bisa lebih konsentrasi, tidak berfikir macam-macam, agar bisa meraih prestasi, supaya Porprov tahun ini prestasi atlet bisa moncer dan megilan," kata bupati Yuhronur Efendi, saat memberangkatkan atlet dan official untuk berlaga di Porprov ke VII di Pendopo Lokatantra, Selasa (14/6/2022).

Porprov yang akan digelar di empat Kabupaten Jember, Situbondo, Bondowoso dan Lumajang tersebut, Lamongan mengusung spirit semua cabor harus moncer bisa meriah medali ini, agar atlet Lamongan bisa bersaing dan berjaya di semua laga.

"Saya titipkan di pundak kalian. Kemarin di Porprov ke VI kita berada di rangking 9, saat ini ditargetkan Ketua Koni Lamongan di ranking 8. Saya tetap optimis bahwa rangking urutan peringkat Kabupaten Lamongan akan bisa naik dari rangking-rangking sebelumnya, karena harapan besar kita semua agar seluruh cabang olahraga di Lamongan ini bisa moncer dan berjaya,” harap bupati.

Terkait kemampuan, bupati yakin atlet-atlet Lamongan mampu bersaing bahkan di taraf internasional. Hal tersebut dibuktikan dengan kemenangan yang diraih oleh Renaldi Aqila Arifadli Salim dengan mengalahkan petenis lapangan asal Vietnam dalam kompetisi internasional.

“Terbukti dalam olahraga baru kita juga telah menunjukkan prestasi yang luar biasa, oleh Aqila ini ditunjukkan bahwa Lamongan mampu bersaing di internasional. Hari ini anda akan berangkat, vini, vidi, vici, berangkat, bertanding, dan memenangkan pertandingan,” tambahnya.

Karena itu, untuk capaian dan target lebih baik dari Porprov sebelumnya, ia meminta kepada seluruh ketua-ketua cabor dalam hal ini Kepala - kepala OPD,  agar mendampingi dan hadir di setiap pertandingan untuk mensupport atlet agar lebih tenang dan lebih yakin, karena setidaknya nanti kalau memenangkan setiap pertandingan kan walaupun tidak bonus tapi setidaknya tipis-tipis ya yang membuat atlet ini semakin senang dan semangat.

Pada kesempatan tersebut, diungkapkan Ketua Koni Lamongan Janadi bahwa jumlah kekuatan Lamongan yang diberangkatkan yakni sebanyak 357 atlet dan kontingen, yang terdiri dari 183 atlet putra, 90 atlet putrid, dan 84 official, dengan target masuk dalam 8 besar.

“Kalau jumlah kemarin kita menjadi tuan rumah masuk rangking 9 dengan 13 emas, 17 perak, dan 16 perunggu. Porprov ini kami targetkan 26 emas, 17 perak, dan 35 perunggu, poin total paling tidak 78 medali dengan poin 173. Kalau itu tercapai kemungkinan rangking 6, 7, atau 8. Selain itu kami mempunyai misi menciptakan atlet bermental juara dengan patriotism lokal, bangga jadi orang Lamongan,” ungkap Janadi.

Ada 27 cabor yang diikuti Lamongan, yakni aeromodelling, atletik, bola basket, sepak bola, bola tangan, bola voli, voli pantai, catur, futsal, gulat, jujitsu, karate, kick-boxing, menembak, muangthai, panjat tebing, pencak silat, petanque, sambo (cabor baru), taekwondo, tarung derajat, tenis lapangan, wushu, bulu tangkis, balap sepeda, sepak bola wanita, dan memanah. jir