ATM Mandiri di Malang Jadi Sasaran Rampok, Pelaku Diburu

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 01 Sep 2020 21:50 WIB

ATM Mandiri di Malang Jadi Sasaran Rampok, Pelaku Diburu

i

Bilik ATM Mandiri yang menjadi sasaran perampokan pada Senin (31/8) malam dipasangi garis polisi guna kepentingan penyidikan.

 

SURABAYAPAGI.COM, Malang – Sebuah Mesin Anjungan Tunai (ATM) yang berada di Jalan Kawi, Kota Malang menjadi sasaran perampokan pada Senin (31/8) malam sekitar pukul 22.05 WIB.

Baca Juga: Polresta Malang Kota membentuk Tim Urai Mahameru

Perampokan terjadi saat sekuriti pengamanan mesin ATM bank akan melakukan perbaikan.

Dalam aksi tersebut, perampok yang diperkirakan berjumlah dua orang sempat menembakkan senjata sebanyak tiga kali. Dari penyelidikan sementara diduga pistol yang digunakan jenis air softgun.

"Pelaku berjumlah dua orang, salah satu memakai senjata laras pendek. Sempat menembakkan sebanyak tiga kali," ucap Kapolresta Malang Kota Kombes Leonardus Simarmata ditemui di Mapolresta Jalan Jaksa Agung Suprapto, Kota Malang, Selasa (1/9/2020).

"Hasil penyelidikan senjata adalah jenis air softgun yang digunakan oleh pelaku. Peristiwa terjadi kemarin malam, pukul 21.49 WIB," tambah Leonardus.

Ia menjelaskan kronologi kejadian percobaan pencurian dengan kekerasan tersebut bermula saat petugas akan melakukan perbaikan mesin ATM milik bank Mandiri yang berada di jalan Kawi itu.

Saat itu, ada dua orang petugas, yakni seorang teknisi dan seorang satpam. Teknisi melakukan perbaikan mesin ATM yang dilaporkan rusak sejak pagi hari, sementara seorang satpam mengawasi dibagian luar bilik ATM.

Tak berselang lama, satu pelaku datang dan mencoba melumpuhkan security tersebut.

Namun, sekuriti memberikan perlawanan. Sehingga pelaku menembakkan senjata yang diduga adalah air softgun ke arah sekuriti.

Baca Juga: Dipenuhi Kejanggalan, Saksi Perampokan Tragis di Desa Imaan Gresik Ditemukan Tewas di Kebun Jagung

Akan tetapi, tembakan meleset dan mengenai bagian kaca kiri pintu mesin ATM. Gagal menyergap korban, pelaku memilih kabur dengan menghampiri satu rekannya yang bertugas menjaga lokasi dari atas motor.

Mengetahui pelaku hendak kabur, korban berusaha mengejar. Tetapi pelaku kembali menembakkan senjata dan mengenai bagian tangan korban. Kedua pelaku pun berhasil melarikan diri menggunakan motor.

"Tembakan dilepaskan tiga kali, pertama mengenai kaca, kemudian tembakan kedua ditangkis oleh korban dan dilepaskan ke korban ketiga kalinya. Karena gagal pelaku kemudian melarikan diri bersama temannya yang menunggu di atas motor," sambung Leonardus.

Leonardus juga mengungkapkan, aksi kedua perampok tersebut belum sampai mengambil atau membawa kabur uang dalam mesin ATM.

Leonardus mengungkapkan, pihaknya saat ini masih melakukan penyelidikan atas insiden tersebut. Selain melakukan olah TKP bersama Laboratorium Forensic Polda Jawa Timur, pihaknya juga akan mengecek rekaman CCTV di sekitar lokasi.

Baca Juga: Kejanggalan Kematian Tragis Ibu Muda di Gresik Tewas Dirampok, Gelagat Ekspresi Suami Mulai Disorot

Polisi juga telah mengumpulkan alat-alat bukti termasuk keterangan saksi yang berada di sekitar lokasi kejadian.

Peristiwa itu sempat menggemparkan warga Kota Malang. Terdapat lubang diduga bekas tembakan menembus mesin. Sampai sekarang garis polisi masih terpasang dan melingkari trotoar yang berada di bilik ATM tersebut.

 

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU