Audisi Puslatprov, PBSI Jatim Gelar Serangkaian Tes Seleksi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 23 Sep 2022 11:16 WIB

Audisi Puslatprov, PBSI Jatim Gelar Serangkaian Tes Seleksi

i

Tim Seleksi saat menilai kemampuan teknik para atlet.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Pengurus Provinsi (pengprov) Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Jawa Timur menggelar audisi untuk pemusatan latihan provinsi (puslatprov) yang dipusatkan di GOR Sudirman, Surabaya pada tanggal 20-22 September.

Atlet seleksi ambil bagian untuk tiga kelompok usia yakni mulai dari pemula (di bawah 15 tahun), remaja (di bawah 17 tahun) dan juga taruna (di bawah 19 tahun).

Baca Juga: Gara-Gara BL, Pebulu Tangkis Cantik Jeong Na Eun Mau Hijrah ke Indonesia

Pada hari pertama audisi, Selasa (20/9/2022), tim seleksi yang berjumlah 8 orang memantau kemampuan teknik para atlet. Para atlet yang lolos tes teknik dapat melanjutkan ke tahapan tes fisik dan kesehatan. Kemudian, pada hari Kamis (22/9/2022), atlet seleksi menjalani tes psikologi.

“Kami lihat dari segi teknik seperti kesiapan langkah kaki pukulan mereka, serta (menilai) mental bertanding mereka juga,” kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI Jatim, Erick Kurnia.

Erick berharap bisa muncul atlet-atlet Jatim yang bisa berprestasi di tingkat nasional dan internasional dengan adanya program puslatprov tersebut. Pasalnya, wadah pebulutangkis Jatim hanya lewat klub masing-masing.

Baca Juga: PBSI Gelar Kejurkot Wali Kota Malang 2023

“Puslatprov bisa jadi wadah bagi atlet-atlet Jatim. Pengprov akan memfasilitasi mereka, jadi latihan lebih maksimal, makanan lebih terkontrol, kebutuhan vitamin juga terpenuhi. Harapan kami secara skill stamina mereka bisa menyaingi klub-klub besar,” pungkas Erick.

Saat disinggung mengenai jumlah atlet yang akan bergabung dalam puslatprov PBSI Jatim, Erick menyatakan hanya atlet yang memenuhi standar saja yang nantinya berhak untuk lolos ke puslatprov.

“Kami tidak menyebut kuota, karena nanti tergantung kemampuan atlet memang layak atau tidak. Namun, kami hitung kuota asrama juga,” jelas Erick.

Baca Juga: Porprov Jatim 2023, PBSI Surabaya Targetkan Tiga Emas

Perlu diketahui, saat ini asrama atlet di GOR Sudirman, Surabaya masih dalam pembenahan. Renovasi tersebut direncanakan selesai akhir tahun 2022. Hanya saja, separuh dari kuota asrama sudah bisa digunakan atlet yang lolos puslatprov mulai pertengahan Oktober mendatang.

Para atlet yang lolos audisi nantinya akan menjalani seluruh rangkaian program puslatprov di komplek GOR Sudirman tersebut. Mereka akan menginap, berlatih, dan menjalani program yang sudah disiapkan oleh PBSI Jatim. sb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU