Badan Otorita IKN Sebut 70 Lebih Investor Swasta Sudah Antre Masuk RI

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 23 Jan 2023 13:18 WIB

Badan Otorita IKN Sebut 70 Lebih Investor Swasta Sudah Antre Masuk RI

i

Kepala OIKN Nusantara Bambang Susantono. Foto: instagram (@bambangsusantono).

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Kepala Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) Nusantara Bambang Susantono mengatakan hingga kini ada lebih dari 70 perusahaan swasta menyatakan berminat untuk ikut berinvestasi dalam pembangunan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) di IKN Nusantara.

”Lebih dari 70 perusahaan swasta telah mengirimkan letter of intent ke Otorita IKN dan menyatakan minat berinvestasi di IKN.  Ini termasuk 11 pernyataan dari perusahaan Malaysia yang baru-baru ini disampaikan pada kami di hadapan Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim,” kata Bambang, Minggu (22/1/2023).

Baca Juga: Nilai Investasi di Kota Batu Naik 28,9 Persen

Mengenai pembangunan infrastruktur yang terus berjalan, disampaikan bahwa beberapa infrastruktur yang telah selesai 100 persen adalah jalan lingkar Sepaku 1, 2, dan 3. Pembangunan gedung di KIPP juga telah dimulai, termasuk Istana Kepresidenan, Kantor Presiden, dan Sekretariat Presiden. Sementara itu, tiga investor swasta telah mendapatkan letter to proceed untuk mulai membangun 184 tower hunian bagi ASN.

Lebih lanjut, Bambang menambahkan, pemerintah menyadari pentingnya kepastian hukum dalam investasi bagi para penanam modal. IKN Nusantara sudah memiliki payung hukum sehingga rencana pemindahan ibu kota bisa dipastikan akan terus berlanjut apabila tidak ada kondisi kahar.

IA menyebut, 80 persen dari anggaran pembangunan IKN Nusantara akan dibiayai oleh swasta. Saat ini, IKN telah masuk ke dalam daftar Proyek Strategis Nasional.

Mengenai peluang investasi di IKN Nusantara, menurut dia, ada beberapa sektor yang memiliki peluang bagus untuk investasi di IKN Nusantara yakni sektor transportasi, pendidikan, energi baru dan terbarukan, industri pertanian berkelanjutan, teknologi kota cerdas, dan lain-lain.

Baca Juga: Destinasi Alam dan Festival Musik Bakal Genjot Pariwisata Berkelanjutan di IKN

”Melihat perkembangan ini, saya yakin IKN Nusantara akan terus menarik banyak investor, baik dari dalam negeri maupun mancanegara," ujarnya.

Selain itu, Direktur Eksekutif Segara Research Institute Piter Abdullah menyatakan, investor seharusnya mau menanamkan modal di IKN karena potensi IKN sebagai pusat ekonomi baru di Indonesia.

“Investor pasti bisa melihat masa depan dari IKN ini. Seperti para investor yang menanamkan modalnya di BSD sekitarnya beberapa puluh tahun lalu, sekarang mereka sudah menikmati hasil investasinya,” jelasnya.

Baca Juga: Sejumlah Menteri Sudah Ribut Rumahnya di IKN

Kendati demikian, untuk membuat investor merealisasikan investasinya, Piter mendorong pemerintah untuk menunjukan kepada para investor terkait kepastian dalam berinvestasi di IKN Nusantara.

"Jika fisik gedung-gedung lembaga pemerintah sudah jadi, saya yakin investor akan berdatangan ke IKN,” pungkas Piter. jk

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU