Bakar Kayu Usir Nyamuk, Dua Motor dan Satu Bodi Truk dalam Bengkel Las Kalianak Terbakar

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 08 Jan 2023 10:21 WIB

Bakar Kayu Usir Nyamuk, Dua Motor dan Satu Bodi Truk dalam Bengkel Las Kalianak Terbakar

i

Kebakaran bengkel las di Kalianak Surabaya, Jum'at (06/01/2023). SP/Ariandi.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Peristiwa kebakaran terjadi di sebuah bengkel las milik Zainuri di Jalan Kalianak Barat No 66, kelurahan Kalianak, kecamatan Asemrowo, kota Surabaya, Jumat, (06/01/2023) sekitar pukul 00.12 WIB.

Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Surabaya, menerjunkan sebanyak 10 Unit mobil pemadam kebakaran ke TKP untuk memadamkan api. Diantaranya 2 Unit Tempur Rayon 5 Margomulyo, 2 Unit Tempur Rayon 1 Pasar Turi, 1 Unit Tempur Pos TOW dan 5 Unit Tim Rescue.

Baca Juga: Gudang BBM Mentah di Tuban Terbakar, Total Kerugian Capai Belasan Juta

Kepala DPKP Kota Surabaya Dedik Irianto mengatakan, unit pemadam kebakaran tiba di lokasi pada pukul 00.18 WIB. Api berhasil dipadamkan dan dinyatakan kondusif sekitar pukul 00.46 WIB.

"Unit tempur Rayon 5 Margomulyo tiba di TKK langsung melakukan pemadaman. Ada 10 unit pemadam yang diterjunkan,” kata Dedik.

Menurut keterangan pemilik bengkel, saat meninggalkan bengkelnya sekitar pukul 19.00 WIB, kondisi bengkelnya tersebut masih dalam keadaan aman.

“Keterangan dari pemilik bengkel ahwasanya tadi saat pulang dari lokasi pukul 7 malam untuk kondisi bengkel lasnya dalam keadaan aman,” ujar Dedik.

Namun tiba - tiba selang beberapa jam kemudian, pemilik mendapat informasi bahwa bengkelnya sudah dalam keadaan terbakar dan setelah dicek di bagian tumpukan ban bekas api sudah membesar.

Akibat kebakaran tersebut, bangunan bengkel itu hangus terbakar. Tercatat satu truk terdampak dan 2 unit sepeda motor terbakar habis.

Baca Juga: Gegara Sisa Pembakaran Kayu, Pabrik Jajanan Tradisional di Jombang Dilahap Si Jago Merah

“Bangunan bengkel merupakan semi permanen. Akibat kejadian ini tumpukan ban sepanjang 7 meter terbakar semua. Selain itu, ada juga ada tiga kendaraan yang ikut terbakar, pertama kepala truk yang terbakar sebanyak 20 pesen sedangkan 2 unit motor roda dua juga terbakar habis,” terangnya.

Kapolsek Asemrowo Kompol Hari Kurniawan mengatakan, usai kejadian tersebut petugas melakukan pengamanan lokasi tempat kejadian perkara (TKP). Beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Hanya kerugian material yang dialami pemilik bengkel akibat musibah ini,” ujar Hari.

Saat disinggung mengenai penyebab kebakaran ini, perwira dengan melati satu di pundaknya ini mengungkapkan bahwa kebakaran itu akibat dari seseorang yang melakukan aktifitas membakar tumpukan kayu.

Baca Juga: Diduga Konsleting Listrik Sebuah Toko Bangunan Ludes Terbakar

Pembakaran tersebut dilakukan oleh sejumlah sopir truk trailer yang memarkirkan kendaraan di lokasi tersebut, untuk menghilangkan nyamuk sekaligus penghangat tubuh.

"Sekitar pukul 18.00 WIB, ada sopir trailer yang melakukan bakar-bakar tumpukan kayu bekas untuk penghangat tubuh dan mengusir nyamuk," tuturnya.

Namun, diduga karena proses pembakarannya tidak diawasi. Terjadilah perambatan api ke tumpukan ban yang akhirnya membesar hingga melumat sebagian besar bangunan bengkel.

“Tidak disangka api semakin membesar dan tumpukan ban serta tiga kendaraan ikut terbakar,” ucapnya. ari

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU