Bakar Sampah Berujung Kebakaran Kandang Ternak dan Rumah di Tuban

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 07 Agu 2022 16:19 WIB

Bakar Sampah Berujung Kebakaran Kandang Ternak dan Rumah di Tuban

i

Foto Ilustrasi Kebakaran

SURABAYAPAGI.COM, Tuban - Kebakaran rumah dan kandang sapi salah satu warga bernama Tarmijan (68) terjadi di Dusun Ereng-ereng, Desa Prunggahan Kulon, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban hangus terbakar pada Sabtu (6/8/2022).

Si jago merah melahap rumah milik petani tersebut hingga hanya tersisa bagian temboknya saja. Tak hanya itu, dua ekor kambingnya juga ikut mati terbakar karena ada di dalam kandang pada saat kejadian.

Baca Juga: Kandang Ayam Ludes Terbakar, Rugi Ratusan Juta Rupiah

Akibat kebakaran itu, rumah milik petani tersebut tinggal menyisakan bagian temboknya. Atap rumah itu habis terbakar. Selain itu, dua ekor kambing yang saat kejadian berada di kandang juga ikut terbakar. Kambing itu mati terpanggang.

Kapolsek Semanding AKP Carito menuturkan penyebab terjadinya kebakaran tersebut. Kebakaran rumah dan kandang tersebut berawal saat menantu korban Nurul Huda sedang membakar sampah di samping kandang yang berisikan pakan ternak kering.

“Mengetahui sampah sudah terbakar kemudian ditinggal masuk rumah untuk istirahat,” tutur Carito.

Setelah sekitar satu jam beristirahat, pemilik rumah mengetahui asap mengepul dari kandang. Asap berasal dari api yang sudah membakar tumpukan jerami.

Baca Juga: Lantai 1 dan 2 Kos-kosan di Jalan Ngagel Wasana Surabaya Terbakar

 “Percikan api dari sampah yang dibakar kemudiam membakar tumpukan jerami di kandang hingga api menjalar ke atap kandang yang terbuat dari kayu,” sambungnya.

 Kebakaran cepat membesar karena ada banyak jerami kering di kandang berukuran 4 x 14 meter tersebut. Sejumlah warga berusaha untuk ikut memadamkan api, namun api dengan cepat membesar hingga warga kesulitan untuk memadamkannya.

 Tak butuh waktu lama, perangkat desa langsung meminta bantuan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Tuban. Satu unit mobil PMK beserta satu unit tangki suplai air dikirim ke lokasi untuk memadamkan api.

Baca Juga: Ditinggal Shalat Tarawih, Kandang Sapi di Tuban Hangus Terbakar Gegara Bediang

Kerugian yang ditimbulkan dari kebakaran tersebut berkisar sekitar belasan juta.

“Akibat dari kejadian itu dua ekor kambing serta empat ekor ayam ikut terbakar dan mati. Kerugian ditaksir sekitar Rp15 juta,” tuturnya. tb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU