Baku Hantam Munas HIPMI, Berakhir Damai

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 22 Nov 2022 20:48 WIB

Baku Hantam Munas HIPMI, Berakhir Damai

SURABAYAPAGI.COM, Solo - Munas XVII HIPMI pada Senin (21/11) malam di Solo, Jawa Tengah, diwarnai insiden baku hantam antar peserta. Meski tidak sampai menimbulkan korban jiwa, kericuhan tersebut membuat pihak kepolisian Surakarta ikut turun tangan.

Kejadian menjadi viral karena video yang tersebar di media sosial. Sejumlah peserta terlibat saling pukul di Hotel Alila Solo tempar Munas dilaksanakan. Peristiwa ini bermula ketika ada perbedaan pendapat dari peserta sidang Pleno I hingga larut malam. Karena sudah larut malam. Beberapa peserta Munas  yang berasal dari 34 Provinsi se Indonesia itu ada yang menginginkan agar sidang dilanjutkan. Namun di sisi lain ada yang meminta agar sidang ditunda sampai kuorum. Perdebatan yang tidak selesai dengan argumentasi berlanjut pada teriakan dan dorong-dorongan.  Sehingga berbuntut sidang Pleno I diskors alias ditunda hingga keesokan pagi.

Baca Juga: Bupati Ponorogo Ajak Pengusaha dan Generasi Muda Bangun Ekonomi Wisata

Nah usai sidang dibubarkan itulah, para peserta berjalan keluar arena sidang. Tak jauh dari pintu keluar, terjadi teriakan-teriakan yang kemudian memicu beberapa peserta munas kemudian terpancing emosi. Sehingga terjadilah baku hantam seperti video yang beredar luas. 

Informasi yang berhasil dihimpun, peserta yang terlibat perkelahian itu adalah ketua tim sukses salah satu calon ketua umum HIPMI dan pihak dari BPD HIPMI Gorontalo.   

Ketua Panitia Organizing Committee (OC) Munas HIPMI XVII, Ali Affandi mengatakan kisruh dalam acara tersebut dipicu oleh kesalahpahaman personal antar peserta yang terjadi di luar rapat Pleno. Kendati, ia mengatakan tahapan munas masih tetap berjalan sebagaimana yang telah dijadwalkan. “Pada dasarnya panitia Munas sudah membrief kepada peserta agar seluruh tahapan berjalan humanis dan baik,” ujar pengusaha muda yang akrab disapa Andi ini di Solo, Selasa (22/11).

Panitia pun sudah melakukan koordinasi dengan POlresta Surakarta dan dapat melanjutkan jalannya Munas XVII sesuai agenda yang ditetapkan. “Kami panitia meminta maaf kepada masyarakat dan peserta munas HIPMI atas kejadian yang terjadi, dan kami akan menempuh penyelesaian secara kekeluargaan karena memang kami adalah keluarga,” imbuh Andi. 

Wali kota Solo Gibran Rakabuming Raka juga sempat mendatangi lokasi Munas XVII HIPMI hingga dua kali. yang pertama  pada Selasa pagi dan siang hari. Hanya untuk memastikan bahwa Munas XVII dapat berjalan kondusif. Putra Presiden Jokowi itu menyebut insiden itu merupakan bagian dari dinamika dalam sebuah organisasi. “Itu kejadian kecil aja,” ucap Gibran di Hotel Alila Solo.

Baca Juga: HIPMI Kota Surabaya Gelar Forbis dan Rakercab 2023

Ia enggan berkomentar lebih jauh tentang insiden tersebut. Namun pihaknya berharap permasalahan yang ada dapat segera diselesaikan secara baik. 

“Kalau ada munas, muktamar atau pemilihan apapun, diselesaikan secara kekeluargaan,” ujar Gibran yang juga sebagai salah satu penasehat HIPMI Solo itu. 

Gibran memastikan untuk penyelenggaraan Munas HIPMI selanjutnya akan berlangsung dengan aman. "Hari ini aman. Kita nggak pengin ada kejadian-kejadian jelek terjadi lagi di Solo," ucapnya. 

Kabar kericuhan ini juga membuat Ketua Dewan Pembina HIPMI, Bahlil Lahadalia turun tangan. Ia memimpin langsung komunikasi antar seluruh peserta Munas. Dalam kesempatan itu, Ia sangat menyayangkan, kericuhan terjadi dalam Munas HIPMI yang dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo. Bahkan, dihadiri oleh alumni-alumni HIPMI yang sudah menjadi menteri hingga ketua MPR. “Kalau ini dipertontonkan terus, apa kata generasi muda? Apakah mereka akan menjadi pemimpin itu dengan berkelahi dulu untuk masuk ke organisasi ini?,” jelasnya.

Baca Juga: Pemkot Kediri Ajak Hipmi Tumbuhkan Perekonomian Kota Kediri

Bahlil menjelaskan, Hipmi adalah organisasi intelektual yang menjadi tempat berkumpulnya enterpreuner yang punya cara pandang menyelesaikan masalah. Baginya, Hipmi juga merupakan organisasi yang punya martabat dan etika serta moralitas tinggi dibandingkan dengan organisasi lain. “Saya akan duduk di lokasi Munas ini sampai selesai dan jangan ada lagi keributan,” sebut Menteri Investasi dan Kepala BKPM RI ini.

Untuk diketahui, salah satu agenda utama Munas XVII HIPMI di Solo ini adalah pemilihan calon ketua umum periode 2022-2025. Ada tiga kandidat caketum yang akan bertanding memperebutkan suara dari 34 BPD HIPMI seluruh Indonesia. Diantaranya adalah Akbar Himawan Buchori pengusaha property yang juga Wakil Ketua Umum BPP HIPMI, Bagas Adhadirgha pengusaha bidang dirgantara dan batubara yang juga menjabat sebagai Sekjen BPP HIPMI dan Anggawira pengusaha batubara yang juga Ketua Bidang Keuangan Perbankan BPP HIPMI. 

Hingga Selasa petang  kemarin, dua pihak yang salah paham itu kemudian dipertemukan oleh para senior HIPMI yang dipimpin Raja Sapta Oktohari (Ketua Dewan Kehormatan HIPMI). Pertemuan di ruang tertutup itu menjadi ujung dari komunikasi secara kekeluargaan dan berakhir dengan damai.  “Kita ini saudara dan keluarga,” singkat Okto. rko

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU