Bandara Juanda Belum Layani Penerbangan Internasional

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 29 Sep 2021 11:15 WIB

Bandara Juanda Belum Layani Penerbangan Internasional

i

PT Angkasa Pura I Juanda belum membuka kembali layanan penerbangan internasional. SP/ PT Angkasa Pura I Juanda

SURABAYAPAGI, Surabaya - PT Angkasa Pura I Juanda hingga saat ini belum ada rencana untuk membuka kembali layanan penerbangan internasional. Termasuk untuk para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang harus kembali ke kampung halaman setelah kontraknya habis. 

Humas PT Angkasa Pura I Juanda, Yuristo Ardi Hanggoro menegaskan, semua penumpang penerbangan internasional hanya bisa masuk ke Tanah Air melalui dua bandara saja. Yakni Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Sam Ratulangi.

Baca Juga: Puncak Arus Mudik Pesawat, KA dan Bus Sama, 3-8 April, Arus Balik 13-15 April 2024

Hal ini sesuai dengan Surat Edaran (SE) Kemenhub nomor 74 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Internasional dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi Covid-19. 

"Merujuk SE 74, pintu masuk kedatangan penumpang internasional hanya di CGK (Bandara Soekarno Hatta) dan MDC (Bandara Sam Ratulangi)" ujarnya,kemarin.

Berdasarkan SE Kemenhub tersebut, lanjut Yuristo, pintu penerbangan internasional di Bandara Juanda ditutup sejak 17 September 2021.

Baca Juga: PMI Ngawi Jemput Bola Layani Donor Darah

Yuristo menyatakan, belum mengetahui secara pasti kapan Bandara Juanda bisa kembali melayani penerbangan internasional. Ia hanya menegaskan akan mengikuti segala aturan yang diterbitkan pemerintah.

"Jadi per tanggal 17 September, di Bandara Juanda tidak ada penerbangan dari dan ke luar negeri yang mengangkut penumpang," ujarnya.

Baca Juga: Wilayah Terdampak Banjir di Jatim Dapat Bantuan dari PMI Pusat

Yuristo mengaku, Bandara Juanda juga telah menerapkan protokol kesehatan ketat bagi setiap penumpang domestik. Berbagai aturan dalam upaya mengantisipasi penyebaran Covid-19 diakuinya telah diterapkan.

"Kami juga terus berkoordinasi dengan KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) perihal update informasi perkembangan varian baru," kata Yuristo.sb1/na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU