Home / Peristiwa : Rencana untuk Karantina Pekerja Migran Indonesia

Bandara Juanda Mulai DiSoekarno-Hattakan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 26 Des 2021 20:42 WIB

Bandara Juanda Mulai DiSoekarno-Hattakan

i

Bandara Juanda Surabaya

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, bertekad mengubah Bandara Juanda Surabaya seperti Bandara Soekarno Hatta.

Menhub juga akan mempersiapkan kesiapan Bandara Juanda dan tempat karantina Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari luar negeri.
Terkait ini, Menhub Minggu kemarin (26/12/2021) inspeksi ke Bandara Juanda. Urusan karantina ini diikuti dengan rencana dibukanya penerbangan internasional di Bandara Juanda khusus untuk para PMI.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan Pangdam, Kapolda, Sekda, dan unsur terkait lainnya. Kita akan menyiapkan di Juanda ini seperti apa yang dilakukan di Bandara Soetta," kata Menhub Budi Karya Sumadi, seperti ditulis Antara News Minggu (26/12/ 2021).

Menhub Budi Karya Sumadi menjelaskan ada kurang lebih 30 persen PMI berasal dari Jawa Timur, Jawa Tengah, dan NTB, sehingga Bandara Juanda akan lebih baik dibuka untuk para PMI.

Dalam inspeksinya ini, Menhub juga mengecek kesiapan tempat karantina untuk para PMI.

Baca Juga: Perayaan Nyepi: Bandara Juanda Normal, Penerbangan ke Bali Dihentikan Sementara

"Paling tidak mesti disiapkan kurang lebih 1.500 kamar. Jadi bisa menampung sekitar 100 hingga 150 orang untuk melakukan karantina 10 hari," ujarnya.
Terjait rencana Menhub, Pangdalm V Brawijaya mendukung.

“Kami dengan didukung oleh pak Kapolda, Gubernur, dan seluruh instansi terkait, siap untuk melaksanakan tugas yang diberikan pemerintah pusat," kata Pangdam V Mayjen Nurcahyanto.

Baca Juga: Permudah Nelayan Cari Ikan, Kemenhub Bakal Perbaiki Pelabuhan Brondong

Tak hanya itu, Menhub juga meninjau terminal tipe A Purabaya, guna memastikan para penumpang dan pekerja menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Baca Juga: Kereta Cepat Jakarta-Surabaya, Lebih Kompetitif

"Perjalanan masyarakat harus dilayani dengan baik dan humanis, namun prokes ketat harus diterapkan," ujar Menhub Budi Karya.
Menhub juga mengapresiasi seluruh unsur terkait dalam penyediaan pos vaksinasi Covid-19 dan tes antigen di Terminal Purabaya. n sem, ant

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU