Bangun Jejaring Dengan Mitra Penyedia Kerja, JobStreet Express Targetkan Penurunan Angka TPT di Surabaya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 04 Des 2023 20:54 WIB

Bangun Jejaring Dengan Mitra Penyedia Kerja, JobStreet Express Targetkan Penurunan Angka TPT di Surabaya

SurabayaPagi, Surabaya - Dalam misi membangun Indonesia maju dengan memperluas kesempatan #PastiDapatKerja, JobStreet Express, bagian dari Jobstreet by SEEK, teknologi pencarian kerja terkemuka di Indonesia terus membangun jejaring di berbagai kota besar di Indonesia. 

JobStreet Express yang hadir sejak Oktober 2022, kini telah memiliki puluhan ribu mitra perusahaan di Bali, Lombok, Yogyakarta, Bandung, Cirebon hingga Surabaya. 

Berkat kolaborasi dan pembaharuan yang terus menerus dilakukan, JobStreet Express menuai berbagai respons positif dari rekrutmen hingga pencari kerja semi-terampil.

Head of JobStreet Express, Woon Hann Khoo menjelaskan bahwa tujuannya adalah untuk terus memperluas jejaring ke berbagai lokasi adalah untuk mendukung misi besar JobStreet Express, sekaligus menjadi partner rekrutmen yang terpercaya dan paling diandalkan dalam bidang semi-terampil di Indonesia. 

"Di sisi lain, kami juga ingin berkontribusi untuk menurunkan tingkat pengangguran terbuka yang masih cukup tinggi di tanah air, termasuk di Provinsi Jawa Timur dan Kota Surabaya,” tutur Woon Hann Khoo. 

Berdasar data Badan Pusat Statistik (BPS), angka pengangguran di Indonesia pada Agustus 2023 mengalami penurunan dari Februari 2023. Pengangguran di Indonesia mencapai 7,86 juta orang per Agustus 2023, dari total 147,71 juta angkatan kerja atau setara dengan tingkat pengangguran terbuka (TPT) sebesar 5,32 persen. 

Jumlah pengangguran turun 130 ribu orang dan indikator Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) turun 0,13 persen.

Sementara itu di Provinsi Jawa Timur, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) per Agustus 2023 tercatat sebesar 4,88 persen. Hal ini juga berdampak pada jumlah angkatan kerja yang naik menjadi 23,87 juta orang. 

Begitu pula Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) naik menjadi 72,56 persen. Tercatat, sebanyak 8,37 juta orang (36,89 persen) di Provinsi Jawa Timur, termasuk juga Kota Surabaya, bekerja pada kegiatan formal.

Angka TPT di Kota Pahlawan ditargetkan menurun tahun depan hingga di kisaran 5 persen. Saat ini TPT di Surabaya masih berada di angka 7,62 persen atau jika dikonversikan maka setidaknya masih ada sebanyak 114.300 orang yang menganggur.

Kehadiran JobStreet Express yang terus membangun jaringan kemitraan di Kota Surabaya dan sekitarnya hingga optimalisasi platform yang ramah bagi rekrutmen maupun pencari kerja, adalah langkah nyata dalam membantu program pemerintah Kota Surabaya untuk menurunkan angka pengangguran usia produktif. 

Hal ini sekaligus menjadi misi utama JobStreet Express sebagai solusi yang tepat dalam memperluas kesempatan #PastiDapatKerja.

Hingga saat ini JobStreet Express telah memiliki lebih dari 13.000 iklan lowongan kerja semi-terampil yang aktif dalam platform-nya. Dengan proses rekrutmen mudah yang ditawarkan oleh JobStreet Express, para pencari kerja dapat melamar berbagai lowongan hanya di satu portal secara cepat, aman, dan gratis. 

Per November 2023, terdapat lebih dari 3.000 lowongan kerja berdasar lokasi Kota Surabaya, untuk berbagai posisi di antaranya kasir, front office, admin, kitchen crew, staf gudang, daily worker, dan lainnya.

Kemudahan akses layanan JobStreet Express turut mendapat respons positif dari sejumlah partner yang melakukan rekrutmen karyawan di Kota Surabaya. Jejaring ritel MR DIY Surabaya turut merasakan kemudahan dalam melakukan rekrutmen karyawannya melalui layanan JobStreet Express yang memiliki jangkauan luas.

“JobStreet Express memiliki database pencari kerja yang banyak dan ini cukup membantu saya sebagai perekrut, misalnya pada saat saya posting lowongan untuk wilayah Surabaya, maka dalam waktu sehari sudah ada 100 lowongan yang masuk dan sangat membantu kami,” papar Angga, Human Resources Business Partner (HRBP) Manager, MR DIY Surabaya.

Kecepatan JobStreet Express dalam mencari kandidat yang tepat juga dirasakan oleh Shieny, HR & Operation, Papercup Coffee Surabaya. 

“Pengalaman pertama menggunakan JobStreet Express sangat mengesankan, banyak keuntungan yang saya dapatkan. Kecepatannya untuk mendapatkan kandidat yang tepat sangat membantu saya untuk mengisi kembali posisi staf yang kosong,” ujar Shieny.

Tidak hanya memudahkan bagi perusahaan untuk mencari kandidat atau calon pegawai yang tepat, JobStreet Express juga terus berupaya memberikan kemudahan dari sisi pelamar kerja. 

Hal ini merupakan upaya JobStreet Express untuk menjadi partner pencari kerja yang dapat diandalkan bagi berbagai kalangan. 

Beragam daftar lowongan kerja dari berbagai perusahaan terpercaya dapat dengan mudah diakses melalui website id.jobstreetexpress.com dan aplikasi JobStreet Express yang dapat diunduh melalui App Store atau Play Store. Lowongan yang tersedia bervariasi tipenya mulai dari full-time, part time, dan daily worker.

“Dengan terus mengoptimalkan platform, kami terus berupaya menjadi solusi tepat untuk segala tantangan maupun kebutuhan rekrutmen dan pencari kerja, terutama karyawan dengan keahlian semi terampil di Kota Surabaya dan sekitarnya,” tandas Woon Hann Khoo. Byb

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU