Bangun Pendidikan Karakter, Ratusan Tenaga Pendidik Nobar Film Jo Sahabat Sejati

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 27 Jan 2023 18:32 WIB

Bangun Pendidikan Karakter, Ratusan Tenaga Pendidik Nobar Film Jo Sahabat Sejati

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Kota Mojokerto menjadi daerah ke tujuh di Jawa Timur yang menjadi sasaran sosialisasi program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Perpres Nomor 87 Tahun 2017 melalui media film.

Kota mungil yang terkenal dengan jargon 'Spirit Of Majapahit' ini berkesempatan untuk nonton bareng (nobar) film berjudul Jo Sahabat Sejati, di Bioskop CGV, Sunrise Mall, Jumat (27/1) siang.

Baca Juga: Gagal Curi Motor, Dua Pemuda di Kota Mojokerto Diringkus Warga saat Sembunyi dari Kejaran Polisi

Ratusan tenaga pengajar tingkat TK, SD hingga SMP Negeri maupun Swasta se Kota Mojokerto  tampak larut menyimak jalannya cerita film bergenre drama besutan sutradara Alex Latief ini.

Film JO Sahabat Sejati menceritakan tentang seekor kuda bernama Jo yang dipelihara oleh Arif yang berprofesi sebagai seorang guru di sekolah.

Arif dan adiknya, Lisa sangat menyayangi Jo. Begitupun dengan para siswa-siswi Arif. Genta, Cinta dan Danar juga sangat menyayangi Jo. Persahabatan antara manusia dan hewan ini sangat ditunjukkan dalam film yang berdurasi 106 menit ini.

Kepala Dinas pendidikan dan kebudayaan Kota Mojokerto, Amin Wachid mengatakan Kota Mojokerto sudah 4 kali dipercaya oleh Kementerian Dikbudristek  untuk mengadakan kegiatan semacam ini.

Pihaknya sangat menyambut baik, lantaran ini sejalan dengan tekad Wali kota Ning Ita dalam membangun karakter anak didik sedari dini melalui penguatan iman dan taqwa di sekolah.

Baca Juga: Ratusan WBP Lapas Mojokerto Terima Remisi Khusus Idul Fitri

"Kita punya Program Ning Ita (Peningkatan Iman dan Taqwa) di sekolah. Ini merupakan muatan lokal yang sudah kita terapkan sejak tahun ajaran 2021/2022 mulai dari jenjang PAUD, SD, SMP, hingga SMA/SMK di Kota Mojokerto. Jadi sebelum jam pelajaran, peserta didik mendapat penguatan keagamaan dan literasi rohani yang dilakukan dua kali dalam sepekan," terangnya.

Sementara itu, Line Producer Film Jo Sahabat Sejati, Bagus Harianto mengatakan Kota Mojokerto menjadi kota ke 27 se Indonesia dan ketujuh se Jawa Timur untuk sosialisasi program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

"Kita akan keliling Indonesia, besok kita akan terbang ke Kupang dan daerah-daerah lain seluruh Indonesia," jelasnya.

Ia menyebut, sosialisasi melalui media film dinilai lebih efektif dalam merubah karakter anak bangsa. Pasalnya, saat ini, anak-anak Indonesia sedang dihadapkan pada krisis moralitas. Indikasinya banyak kasus-kasus kriminal keji yang pelakunya adalah anak-anak.

Baca Juga: Dorong Daya Beli Masyarakat, Kejaksaan dan Pemkot Mojokerto Sinergi Gelar Bazar Sembako Murah

"Kita bercermin pada kasus Eno Tanggerang, dimana korban yang masih SMP diperkosa dan dibunuh. Juga terbatu, kasus penculikan dan pembunuhan anak untuk diambil organ tubuhnya," tukasnya.

Ia ingin, melalui program PPK ini nantinya, mampu mengatasi berbagai kerusakan moral yang terjadi pada generasi penerus bangsa dengan menanamkan pendidikan karakter sejak dini.

"Targetnya adalah generasi emas Indonesia tahun 2045, makanya kita persiapkan sejak sekarang," pungkasnya. Dwi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU