Bangun Struktur Ekonomi Lebih Tangguh, KemenKopUKM Tumbuhkan Wirausaha Berbasis IDE

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 28 Sep 2022 11:47 WIB

Bangun Struktur Ekonomi Lebih Tangguh, KemenKopUKM Tumbuhkan Wirausaha Berbasis IDE

i

Deputi Bidang Kewirausahaan Kemenkop Siti Azizah saat memberikan sambutan secara virtual pada Workshop Pengembangan Kewirausahaan Nasional, Selasa (27/9/2022).

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) tengah berupaya menciptakan struktur ekonomi yang lebih tangguh. Maka dari itu, dilakukan pembangunan ekosistem bagi wirausaha yang lebih baik sehingga semakin banyak pelaku UMKM yang naik kelas ke skala usaha yang lebih tinggi.

“Kita terus mengupayakan penumbuhan wirausaha berbasis IDE (Innovation Driven Enterprises), bukan lagi Small Business Owner yang muncul karena kebutuhan atau terpaksa oleh keadaan (necessity entrepreneur) yang tidak memiliki jiwa kewirausahaan,” kata Deputi Bidang Kewirausahaan KemenKopUKM Siti Azizah, saat memberikan sambutan secara virtual pada Workshop Pengembangan Kewirausahaan Nasional, Selasa (27/9/2022).

Baca Juga: 13 UMKM Ekspor 3.300 Handicraft ke Kanada

Azizah menyampaikan, saat ini telah dikeluarkan Perpres Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional Tahun 2021-2024. Dikeluarkannya peraturan tersebut merupakan bentuk serius pemerintah dalam mengembangkan kewirausahaan.

Hal tersebut bertujuan untuk memanfaatkan banyak potensi yang ada saat ini, diantaranya seperti pembelian produk dalam negeri melalui pemerintah sebesar Rp 1.481 triliun dan BUMN sebesar Rp 420 triliun, dan pemanfaatan potensi nilai ekonomi digital di Indonesia yang mencapai Rp 4.531 triliun pada tahun 2030.

Baca Juga: OJK Ajak Perempuan Raih Kesejahteraan Finansial

“Melalui workshop kali ini, akan diberikan edukasi tentang kewirausahaan dan program atau kegiatan yang mendukung berkembangnya wirausaha di daerah, selain itu akan diberikan pula afirmasi pengalokasian anggaran onboarding pada e-katalog sebesar 40 persen untuk pengadaan barang dan jasa yang diarahkan pada produk KUMKM,” beber Azizah.

Selain itu, Azizah menambahkan, saat ini menjadi entrepreneur adalah suatu hal yang sangat mudah karena adanya ekosistem kewirausahaan yang kondusif berlandaskan kebijakan yang mendukung kemudahan berusaha, serta adanya berbagai fasilitasi dan insentif.

Baca Juga: KKP Dorong Ratusan UMKM Naik Kelas

“Jadilah bagian perubahan untuk Indonesia yang lebih baik dengan menciptakan wirausaha unggul dan berdaya saing dengan usaha yang inovatif dan berkelanjutan. Jangan takut memulai berusaha karena kita harus pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat dengan berwirausaha,” pungkas Azizah. jk

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU