Banjir Pasien Covid-19, Angka Recovery Rate di RSLI Capai 91,34 Persen

Para pasien covid-19 yang tengah menjalani perawatan di RSLI. SP/Semmy Mantolas

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Angka tingkat kesembuhan atau recovery rate di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) hingga hari ini, Selasa (22/06/2021) mencapai 91,34 persen.

Secara kumulatif, jumlah pasien covid-19 yang terkonfirmasi di RSLI sebanyak 8.068 orang. Sementara untuk pasien yang dinyatakan sembuh adalah sebanyak 7.369 orang. Sisanya masih dalam masa perawatan.

"Pasien yang masih dirawat hingga siang ini pukul 13:24 adalah sebanyak 366 orang. Hari ini ada tambahan 35 orang," kata ketua relawan pendamping Pelaksana Program Pendampingan Keluarga Pasien Covid-19 Rumah Sakit Lapangan Indrapura (PPKPC-RSLI) Radian Jadid, Selasa (22/06/2021).

Menurut Radian, tingkat kesembuhan yang tinggi di RSLI ini terjadi akibat program pendekatan pasien yang dilakukan oleh mereka tak hanya menitikberatkan pada pasien namun juga kepada pasien 

Pasien yang ditangani katanya, harus benar-benar terbebas dari tekanan pikiran. Hal yang sering ditemukan, pasien yang terkonfirmasi positif biasanya merupakan tulang punggung keluarga.

"Jadi kalau dia positif dan dirawat di sini, pasti akan kepikiran orang di rumahnya makan apa, kebutuhan sehari-hari mereka seperti apa," jelasnya.

Saat ini pasien yang ditangani oleh RSLI Surabaya mayoritas berasal dari kluster Bangkalan-Madura dengan jumlah 229 orang. Sementara sisanya berasal dari Pekerja Migran Indonesia (PMI) sebanyak 58 orang, klaster Madura dan umum ataupun mandiri sebanyak 79 orang. 

"Kemungkinan penambahan akan terus ada, karena sekarang spreadingnya sangat cepat. Apalagi pasca kenaikan kasus covid-19 di Bangkalan," katanya

Hingga saat ini pihaknya terus berupaya meningkatkan sarana dan prasarana di RSLI. Mengingat kapasitas tempat tidur hanya sekitar 410 bed. Itu berarti, sudah hampir 90% kapasitas terisi. sem