Banjir Pasien PMI di RSLI Surabaya, Inden Hingga 90 Orang

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 10 Sep 2021 13:00 WIB

Banjir Pasien PMI di RSLI Surabaya, Inden Hingga 90 Orang

i

Pasien PMI di RSLI Surabaya terus meningkat. SP/Semmy Mantolas

SURABAYAPAGI, Surabaya - Selama sepekan terakhir, pasien covid-19 cluster pekerja migran Indonesia terus membanjiri Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya. Secara persentase jumlah pasien PMI mencapai 82,43 persen.

Data yang dikumpulkan Surabaya Pagi, total pasien covid-19 di RSLI hingga pukul 10:30 WIB mencapai 148 orang. Dari jumlah ini, 122 orang merupakan pasien PMI. Sementara 26 orang lainnya adalah pasien lokal.

Baca Juga: Adventure Land Romokalisari Surabaya Ramai Peminat Wisatawan Luar Kota

"Masih didominasi oleh PMI. Yang lokal atau reguler hanya 26 pasien atau sekitar 17,57%," kata Penanggungjawab RSLI dr. Samsulhadi, Jumat (10/09/2021).

Para pasien PMI ini, kata dr. Samdulhadi, merupakan pekerja yang sebelumnya bekerja di beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Hongkong, Brunei Darussalam, Jepang, Inggris dan Belanda.

Musabab naiknya pasien PMI dikarenakan, banyak pekerja yang berasal dari luar pulau Jawa, memilih masuk ke Indonesia melalui Surabaya. Hal ini disebabkan karena, sistem manajemen pengelolaan PMI di Jatim dianggap sangat baik dan transparan serta tanggap dalam mengatasi PMI yang terkonfirmasi covid-19.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Gelar Halal Bihalal

"Bahkan saat ini inden [antri masuk] ada 90 orang. Semuanya adalah PMI," ucapnya.

Sebagai informasi, kurang lebih sekitar 25 ribu PMI yang akan pulang ke Indonesia. Kepulangan mereka dibagi dalam 2 gelombang. Gelombang pertama terjadi pada bulan Juni hingga Juli 2021 lalu dengan jumlah rerata 15 ribu orang. Sementara gelombang ke-2, dimulai pada pertengahan Juli hingga Agustus 2021 dengan jumlah 10 ribu PMI.

Baca Juga: Dispendik Surabaya Pastikan Pramuka Tetap Berjalan

Di gelombang pertama, sekitar 10 persen atau 500 PMI yang dirawat di RSLI. Sementara untuk gelombang ke-2, hingga hari ini telah lebih dari 650 PMI yang telah dirawat di RSLI.

Secara akumulasi, jumlah pasien yang telah dirawat oleh RSLI selama lebih dari setahun terakhir mencapai 10.307 orang, dengan tingkat kesembuhan pasien mencapai 98,45 persen atau sekitar 9.674  orang. Untuk kapasitas bed, RSLI dilengkapi dengan 410 bed dengan total Bed Occupancy Rate (BOR) atau ketersediaan tempat tidur hingga hari ini sebesar 36,1 persen.sem

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU