Bank Sampah Gresik Dapat Apresiasi KLHK

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 03 Jun 2021 19:09 WIB

Bank Sampah Gresik Dapat Apresiasi KLHK

i

Bupati Gus Yani saat menghadiri MoU Bank Sampah dengan PT Mekabox. 

SURABAYAPAGI.COM, Gresik - Dirjen Pengelolaan Sampah Limbad dan B3 (PSLB3) Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menunjuk bank sampah yang dikelola di Gresik menjadi rujukan bagi daerah lainnya.

“Kami mengapresiasi Bank Sampah Gresik yang saat ini bisa jadi percontohan pengelolaan sampah di Indonesia,” ujar Dirjen PSLB3, Rosa Vivien Ratmawati di Gresik, Kamis (4/06/2021).

Baca Juga: Dispendik Gresik Melarang Siswa SD dan SMP Menggunakan Sepeda Listrik ke Sekolah

Sementara itu, Bupati Gresik didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Mokh. Najikh menyatakan sangat mendukung proyek perubahan dari Dirjen PSLB3 KLHK dalam membangun sirkulasi ekonomi melalui tata kelola sampah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Kami berharap program ini dapat menyelesaikan permasalahan sampah, meningkatkan pendapatan masyarakat. Pelibatan bank sampah dapat mendorong perwujudan sirkular ekonomi dan pengelolaan sampah di masyarakat," katanya.

Baca Juga: Pemkab Gresik Kembali Gelar Mudik Gratis 2024, Catat Tanggal dan Syaratnya

Menurutnya, pengelolaan bank sampah dapat memenuhi kebutuhan bahan baku industri daur ulang plastik dan kertas dalam negeri sekaligus mengurangi impor limbah B3. Bupati menyatakan rasa terima kasih kepada Dirjen PSLB3 KLHK yang telah memfasilitasi kemitraan dan kerja sama tersebut.

Bupati berharap permasalahan pemenuhan bahan baku industri daur ulang dalam negeri dapat teratasi.

Baca Juga: Geliatkan Ekonomi Kerakyatan, Bupati Gresik Resmikan Pujasera Manyar Sidomukti

Dalam kesempatan itu Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) dan Dirjen Pengelolaan Sampah Limbah dan B3 (PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI Rosa Vivien Ratmawati menjadi saksi penandatanganan nota kesepahaman (MoU) kerja sama antara Pembina Bank Sampah Gemes Sekardadu Gresik dengan PT Surabaya Mekabox, di Hotel Aston Inn Gresik, Kamis (3/6/2021). MoU ditandatangani oleh Siti Fitriyah selaku Pembina Bank Sampah Gemes Sekardadu dan Joko Andono Direktur PT Surabaya Mekabox.

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU