Bantu PAD Kabupaten Lewat Tani, BPP Ambunten Ajak Poktan untuk Edukasi Tani

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 21 Sep 2022 17:31 WIB

Bantu PAD Kabupaten Lewat Tani, BPP Ambunten Ajak Poktan untuk Edukasi Tani

i

Foto : Koordinator Penyuluh Pertanian Kec. Ambunten Kab. Sumenep, Muhammad Hafidi saat berada di areal lahan pertanian milik BPP.  Kec. Ambunten. ( SP/ Ainur Rahman)

SURABAYA PAGI, Sumenep - Muhammad Hafidi A, Md,  Badan Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Ambunten Kabupaten Sumenep, lebih senang berbaur dengan masyarakat Tani di Kec. Ambunten.

Saat Reporter Surabaya pagi mengunjungi kantor BPP di Kec. Ambunten Kab. Sumenep, pejabat yang berstatus sebagai Koordinator pertanian wilayah Kec. Ambunten Hafidi tengah  berbaur dan berpakain bebas mengawasi areal pertaniannya di lingkungan kantor dinasnya.

Baca Juga: Bupati Sumenep Himbau Agar Produk Lokal Dipertahankan

"Saya senang bertani mas, makanya kita bikin produksi usaha tanam, yang nantinya akan menjadi wisata petik tani, baik dilingkungan kecamatan Ambunten ataupun yang lainnya," ujarnya.

Dikatakan Hafidi, ada beberapa  tanaman buah yang sedang dibina bersama para kelompok Tani lainnya di Kec. Ambunten, diantaranya, labu merah, labu manis, labu putih, bawang bombay, kembang kol, langker, mentimun, dan aneka buah-buahan lainnya.

"Kita mengajari petani untuk lebih inovatif dalam mengkonsumsi kebutuhan sandang, pangan, termasuk kebutuhan  primer dan  sekunder," katanya.

Bahkan, kata dia, sebagai petani harus  peka melihat kebutuhan pokok yang dapat dikonsumsi sehari-hari, sebab mereka memiliki lahan produktif seperti areal persawahan yang luas.

"Kita memiliki areal persawahan milik BPP Kecamatan Ambunten, kurang lebih 1 Hektar, hanya setengahnya saja yang dikelola, nanti kita akan melakukan pengembangan perluasan lahan," katanya.

WhatsApp_Image_2022-09-21_at_16.58.48WhatsApp_Image_2022-09-21_at_16.58.48

Baca Juga: Tahun Ini, Bupati Sumenep, Siapkan 7 Bus Mudik Gratis Rute Jakarta-Sumenep

Dengan begitu, kata dia, pihaknya akan undang para petani di Kec. Ambunten termasuk masyarakat luas se-Kab. Sumenep untuk melakukan peninjauan terhadap areal lahan hijau milik BPP Kec. Ambunten.

Selain itu, masyarakat dapat menikmati wisata petik buah, dengan harga yang terjangkau. ‘’Tidak hanya itu, melainkan hasil buah-buahan yang dipetik akan dilakukan pro_ tes buah, layak konsumsi atau tidak,’’ jelasnya.

"Kita akan undang tim ahli, untuk melakukan uji tes terhadap buah-buahan, apakah layak konsumsi atau tidak, tentu, pengujinya bukan dari kalangan kita, tapi memang ahlinya," katanya.

Jadi sambungnya, langkah BPP kedepannya memprogramkan pengeboran satu lagi, agar semua lahan bisa tersentuh, mungkin dengan langkah yang dilakukan BPP Kec. Ambunten dapat memotivasi para petani lainnya.

Baca Juga: Bupati Sumenep Himbau ASN Tiadakan Bukber

"Apa yang kita lakukan itu sebagai langkah BPP di kecamatan, untuk memberikan percontohan kepada kurang lebih 167 poktan yang ada di kecamatan Ambunten," katanya.

Jika petani terus inovatif melakukan pengembangan usaha tani, maka otomatis dapat membantu pendapatan daerah lewat tani.

"Petani semangat bertani dan inovatif dalam pengelolaan tani, maka akan menambah pendapatan daerah lewat tani," pungkasnya. ar

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU