Bantu Pekerjaan Sang Ibu, Agung Ciptakan Egg Filling Robot

Agung Budi Wibowo saat menciptakan “Egg Filling Robot” untuk sang ibu. SP/ PRW

SURABAYAPAGI.com, Purworejo - Teknologi memang tidak harus sesuatu yang besar. Yang penting punya fungsi yang memudahkan. Hal tersebut sesuai dengan prinsip Agung. Penyakit mata sang Ibu mendorong Agung Budi Wibowo untuk menciptakan robot lengan yang mampu membantu pekerjaan sang ibu yang berjualan telur yang hanya dibuat berdasarkan tutorial di internet.

Semua itu berawal dari masalah gangguan penglihatan yang diderita sang Ibu. Hal ini, membuat Agung berusaha mencari solusi, yaitu dengan membuat robot yang bisa membantu menuang adonan telur ke penggorengan. Sehingga sang Ibu tidak lagi harus mendekatkan wajah ke penggorengan, yang tentunya selain panas juga berisiko besar, dikutip Rabu (21/4/2021).

Robot buatan Agung cukup simpel dan cara kerjanya pun sederhana. Tapi fungsinya luar biasa. Agung membuat robot yang berbentuk seperti lengan mobil keruk. Robot ini bertugas menyedot adonan dari wadah yang disediakan dan menuangnya ke dalam 12 cetakan di penggorengan.

Sistem kerjanya pun mengikuti prinsip robotik, yaitu menanamkan memori pada program yang mengatur motor penggerak. Robot yang dinamai “Egg Filling Robot” ini menggunakan baterai 4,2 volt sebanyak 2 buah yang bisa bertahan selama dua minggu.

Di bangku SMK, Agung menempuh jurusan Teknik Kendaraan Ringan. Namun, ia sudah menggemari dan mempelajari cara kerja robot secara otodidak sejak duduk di kelas 1 SMK. Informasi tentang microcontroller dan robot ia dapatkan dari YouTube dan Google.

Bahkan proses pembuatan robot itu hanya tiga hari dan biaya yang dihabiskan dari mulai awal eksperimen hingga sudah jadi sekitar 1,5 juta. Biaya tersebut didapatkan oleh Agung dari honornya menjadi programmer freelance yang ia kumpulkan.

Kini, upaya Agung membantu sang Ibu sudah membuahkan hasil. Tidak hanya memudahkan pekerjaan sang Ibu, robot buatan Agung juga menarik perhatian dan rasa penasaran pembeli. Akibatnya, omzet penjualan harian sang Ibu pun mengalami kenaikan.

Zaman sekarang ternyata hal-hal hebat nggak hanya bisa dilakukan oleh orang-orang dewasa. Apalagi sekarang informasi mudah sekali diakses. Langkah-langkah membuat robot atau hal-hal lainnya, bisa dicari dengan mudah di internet. Karena selama digunakan dengan tepat dan bertanggung jawab, internet memang bisa menjadi sumber ilmu dan pengetahuan yang bisa diakses dengan mudah. Dsy4